Skip to main content

5 Cara Menjadi Blogger Sukses untuk Pemula Hingga Sukses

Untuk menjadi blogger sukses itu seperti menjalin hubungan, harus kuat bersabar dan perlu banyak usaha dan modal.

Daftar Isi [Tampil]
cara menjadi blogger sukses untuk pemula
cara menjadi blogger sukses untuk pemula

Menjadi blogger sukses di zaman digital ini apakah sebuah kehaluan di era gempuran Youtuber dan tiktokers?

Mayoritas orang pasti mengira sulit sukses di dunia blogger bahkan mengklaim sudah bukan eranya blogger. Klaim seperti ini biasanya berdasarkan banyaknya blogger yang beralih ke Youtuber.

Klaim tidak bisa menjadi blogger sukses tidak sepenuhnya benar. Jika anda bertanya kepada blogger lama pasti anda mendapatkan berbagai macam jawaban. Dimana jawaban itu masih 50:50.

Supaya kamu tidak terbebani standard blogger sukses itu adalah seperti Timon Adiyoso, Rayhan Sailendra, Sugeng Riyadi, Iwan Banaran dan lainnya. Kamu harus merubah nilai standard menjadi sederhana.

Menjadi standard blogger sukses adalah blogger yang berhasil gajian tiap bulan dari Google Adsense.

Jangan nilai standard itu kecil, nilailah standard itu sebagai tahap demi tahap. Bukankah yang terpenting bagi seorang pemula khususnya blogger pemula adalah proses sebelum menjadi sukses?

Oleh karena itu, anda perlu membaca artikel ini hingga akhir untuk mengetahui langkah-langkah atau cara menjadi blogger sukses untuk pemula.

Cara Menjadi Blogger Sukses untuk Pemula

Sebelum mengetahui cara menjadi blogger sukses, anda perlu tahu bahwa banyak dari para blogger berpengalaman berpesan jangan berharap untuk sukses terlebih dahulu melainkan berharaplah untuk kuat sabar dan konsisten.

Sebab tantangan terbesar blogger pemula sebelum menjadi sukses adalah tahan sabar dan konsisten. Apabila anda bisa tahan banting di kedua tantangan tersebut, kemungkinan besar akan berada di jalan yang sama seperti para blogger sukses.

Persiapan Menjadi Blogger (yang menghasilkan uang)

Setelah kamu meyakini akan fokus terjun di dunia blogger, maka kamu sudah pantas mengetahui cara dan persiapan menjadi blogger yang menghasilkan uang.

Berikut adalah 5 hal persiapan dan cara menjadi blogger sukses:

1. Memilih Niche/Topik Tujuan

Memilih niche blog sangatlah penting jika anda ingin menjadi blogger sukses. Maksud dari memilih niche blog adalah menentukan topik apa saja yang akan kamu jadikan konten blog.

Barangkali kamu berpikir dengan menulis banyak topik blog, akan mendatangkan banyak pengunjung karena keragaman topik konten atau dalam dunia blog disebut blog gado-gado (konten campur).

Apakah salah menggunakan blog gado-gado?

Tidaklah salah, karena nilai salah dalam dunia blog adalah konten yang comot sana-sini atau copy paste.

Tetapi menurut para blogger berpengalaman, Google lebih suka blog yang membahas satu niche. Sebab saat blog anda diterima Google Adsense, iklan yang muncul akan fokus dengan niche blog anda.

Nah, supaya anda tidak menerka-nerka seperti apa niche blog, berikut adalah contoh niche blog populer yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

  • Olahraga
  • Wisata
  • Kuliner
  • Kesehatan
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Teknologi
  • Fashion

Jika anda bertanya tips memilih niche blog, banyak website menerangkan langkah-langkah yang bisa gunakan sebelum menentukan niche blog.

  • Tentukan sesuai minat anda
  • Riset kata kunci sebagai ukuran bersaing dengan web lain
  • Pilih persaingan yang memungkinkan

Sederhananya, alasan memilih satu niche blog adalah agar blog anda mudah diingat pengunjung sebagai blog yang memang hanya membahasan satu topik.

Sebagaiamana anda membuka toko sembako yang hanya menjual bahan pokok sehari-hari. Maka pengunjung akan merekomendasikan pengunjung lain datang ke toko anda.

2. Memilih domain

Setelah anda memilih niche blog, anda harus memilih domain apa yang harus digunakan. Domain disini adalah nama untuk ekstensi web yang diakhirnya berupa com, net, ac.id, my.id, co, org dan lain-lain.

Dalam memilih domain pastikan domain mudah diingat dan diketik, karena domain merupakan alamat web anda. Contohnya tahsin.id, nongki.net, coba,com, dan lainnya.

Selain itu anda bisa memasukan kata kunci dari niche anda jika memungkinkan. Misal niche anda tentang teknologi kamu bisa memasukkan dalam domain menjadi tentangteknologi,com.

Pasti sekarang anda punya banyak pandangan mengenai nama domain, tetapi sayangnya tidak semua bisa anda gunakan. Untuk mengetahuinya kamu bisa cek domain dengan menggunakan layanan hosting niagahoster.

3. Buat Konten atau artikel yang menarik

Yang dimaksud konten menarik adalah konten atau artikel yang dibuat dengan terstruktur. Ciri-ciri terstruktur adalah konten yang membahas poin-poin dengan baik, dalam dunia blog ada istilah heading 1, heading 2 dan seterusnya yang disetiap heading punya poin tersendiri dan berkaitan.

Tidak hanya itu, agar konten anda juga terlihat menarik, anda harus membuat gambar utama anda menarik.

Sebagai blogger pemula, anda harus mencari kemampuan yang sesuai agar terus berkembang. Sebab analisis diri juga penting selain analisis blog.

4. Belajar Digital Marketing dasar

Kenapa perlu belajar marketing dasar untuk menjadi blogger?

Dengan memahami dasar digital marketing, anda akan tahu bagaimana strategi pemasaran atau promosi dan dampaknya blog yang anda kelola dapat dikenal khalayak.

Pada dasarnya digital marketing adalah upaya memasarkan sebuah produk atau layanan jasa dengan platform digital.

Dalam prakteknya, anda bisa menggunakan fitur berbayar atau fitur gratis. Dalam fitur berbayar anda bisa mempromosikan blog melalui platform seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads dan lainnya.

Sedangkan untuk fitur gratis anda bisa menggunakan platform media sosial dengan membagikan artikel anda ke grup-grup yang ada di Telegram, Facebook, Whatsapp dan untuk Twitter anda bisa menggunakan hastag yang trend.

5. Belajar SEO

Cara terakhir agar menjad blogger sukses adalah belajar SEO. Hal ini adalah hal terpenting dalam dunia blog.

Meskipun anda jago dalam menulis, jangan harap artikel blog anda akan berada di halaman pertama pencarian jika tidak paham SEO. Artikel blog yang berada di halaman pertama pemcarian punya potensi dikunjungi pembaca.

Dalam proses belajar SEO anda akan mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan cara menulis yang menarik.

Untuk mengetahui tentang SEO anda bisa mengikuti forum-forum komunitas yang ada di berbagai paltfom. Dan bisa juga ikut kelas-kelas yang mahal jika anda mempunyai biaya.

Penutup

Lalu bagaimana selanjutnya? Buatlah blog yang sesuai dengan kemampuan anda dan ingat pesan-pesan para blogger berpengalaman.

Bukankah dengan mengikuti blogger berpengalaman bisa saja menjadi cara menjadi blogger sukses. Ingat! Menjadi blogger harus sabar dan konsisten. Bahkan banyak blogger menyarankan untuk tidak menjadikan blogger sebagai profesi tetap.

Karena menjadi sukses di dunia blogger juga perlu modal selain usaha. Untuk melakukan 5 cara menjadi sukses blogger yang disebutkan atas saja anda juga perlu modal.

Like and Subscribe

Tahsin.id on YouTube
YouTube
Subscribe

Follow TikTok Tahsin.ID

Tahsin.ID
Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Donasi:
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk mengelola Tahsin.id.

Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar