Skip to main content

Tajwid surat Yunus ayat 43

Pada surat Yunus ayat 43 terdapat beberapa hukum tajwid, antara lain: Tajwid Idzhar, Idgham, Mad Thabi'i dan sebagainya.

Konten [Tampil]
Assalaamu'alaikum, pada artikel ini akan diuraikan hukum tajwid surat Yunus ayat 43. Sebelumnya sudah dibagikan hukum tajwid surat Yunus ayat 42.

tajwid surat yunus ayat 43
tajwid surat yunus ayat 43

Pada surat Yunus ayat 43 terdapat beberapa hukum tajwid, antara lain: Tajwid Idzhar, Idgham, Mad Thabi'i dan sebagainya.

Untuk mengetahui lebih lengkap hukum tajwid surat Yunus ayat 43, silahkan baca artikel ini sampai selesai.
اَعُوْذُ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّنْظُرُ اِلَيْكَ ۗ اَفَاَ نْتَ تَهْدِى الْعُمْيَ وَ لَوْ كَا نُوْا لَا يُبْصِرُوْنَ
wa min-hum may yangzhuru ilaiik, a fa angta tahdil-'umya walau kaanuu laa yubshiruun

"Dan di antara mereka ada yang melihat kepada engkau. Tetapi apakah engkau dapat memberi petunjuk kepada orang yang buta walaupun mereka tidak memperhatikan?"
(QS. Yunus 10: Ayat 43)

Idzhar

وَمِنْهُمْ
Ini adalah contoh Idzhar halqi di surat Yunus ayat 43, sebab ada nun sukun bertemu huruf Ha.

Idgham mimi

هُمْ مَّ
Ini adalah Tajwid Idgham mimi sebab ada mim sukun bertemu dengan huruf mim. Tajwid ini disebut juga Idgham Mutamatsilain, sebab ada 2 huruf bertemu yang sama makhraj dan sifatnya.

Cara membaca Idgham mimi adalah mim pertama dimasukkan ke dalam mim kedua dan ditasydid, ditahan sampai keluar dengung.

Idgham Bighunnah

مَّنْ يَّ
Nama tajwid diatas adalah Idgham Bighunnah, sebab ada nun sukun bertemu dengan huruf ya. Dalam ilmu tajwid idgham bighunnah masuk ke dalam huku nun sukun dan tanwin.
يَّنْظُرُ
Ini adalah tajwid ikhfa dalam surat Yunus ayat 43, sebab ada nun sukun bertemu huruf dzho.
اِلَيْكَ ۗ
Pada kata diatas terjadi hukum tajwid Huruf lin bila washal (sambung), dan Mad Lin bila waqaf (berhenti).

Dinamakan huruf lin sebab ada huruf ya sukun oleh fathah, dinamakan mad lin sebab ada huruf lin bertemu huruf hidup, kemudian bacaannya waqaf.

Panjang mad lin adalah 5 harakat.
اَفَاَ نْتَ
Ini adalah tajwid ikhfa haqiqi, sebab ada nun sukun bertemu huruf ta. Cara membaca hukum ikhfa adalah nun sukun atau tanwinnya disamarkan.
تَهْدِى الْعُ
Pada kalimat diatas nama tajwidnya adalah alif lam qomariyah, sebab ada alif lam bertemu huruf 'ain. Perhatikan sebelum alif lam ada huruf ya dikasrah, tetapi disini tidak dibaca panjang, melainkan dimasukkan ke dalam hukum alif lam qomariyah.
عُمْيَ
Ini adalah tajwid Idzhar syafawi, sebab ada mim sukun bertemu huruf ya. Ketika dibaca huruf mimnya tidak boleh dengung.
وَ لَوْ
Ini adalah tajwid huruf lin, sebab ada huruf wawu sukun oleh fathah.
كَا نُوْا لَا
Perhatikanlah kalimat diatas, nama tajwid diatas adalah mad thabi'i, sebab ada huruf alif difathah dan wawu didlommah. Panjang mad thabi'i adalah 1 alif atau 2 harakat.
يُبْصِ
Ini adalah tajwid qolqolah sughra, sebab ada huruf ba sukun asli.
صِرُوْنَ
Ini adalah tajwid Mad 'aridl lissukun, sebab ada mad thabi'i bertemu huruf hidup kemudian bacaannya waqaf.

Panjang mad 'aridl lissukun antara 2-6 harakat.

Demikianlah hukum tajwid surat Yunus ayat 43, semoga bermanfaat.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Tahsin.id - Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin.id

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.