Skip to main content

Inilah 10 Bisnis di masa Krisis yang layak dicoba

Dunia dilanda krisis, Pada artikel ini akan dibagikan 10 bisnis di masa krisis yang layak untuk dicoba.

Like and Subscribe:

Tahsin.id on YouTube
Tahsin.id on Youtube
Subscribe
Daftar Isi [Tampil]

 Assalamualaikum, hallo teman-teman Tahsin.id semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Akhir-akhir ini seluruh dunia dilanda krisis yang melumpuhkan seluruh sektor ekonomi. Banyak perusahaan besar yang terpaksa merumahkan karyawannya disebabkan kurangnya permintaan pasar.

Melihat situasi seperti ini kita harus mencari jalan keluar agar dapat terus bertahan dalam masa sulit ini. Pada artikel ini akan dibagikan 10 bisnis di masa Krisis yang layak dicoba.

Apa saja sih jenis usaha yang dapat kita coba di masa Krisis? Berikut ini adalah uraiannya.

10 bisnis di masa krisis
10 bisnis di masa krisis


Bisnis Food & Baverage

Bisnis makanan adalah jenis usaha yang menarik untuk dicoba, dengan diterapkannya PSBB, sebagian besar orang akan tetap di rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Mereka lebih suka berbelanja lewat online termasuk makanan dan minuman.

Nah ini adalah peluang yang bisa kita ambil, dengan modal keahlian memasak yang dimiliki, boleh dipraktekkan sebagai penambah pemasukan keluarga.

Ada berbagai jenis bisnis food Baverage yang bisa kita jual, misalnya aneka makanan dan minuman dingin, contohnya Sosis bakar, Cilung, Roti bakar, Seblak, Thai tea, es jeruk, kopi dalgona, alpukat kocok, dan sebagainya.

Media promosi kita manfaatkan akun media sosial dan banner yang dipajang depan toko, jangan lupa jalin kerjasama dengan penyedia layanan jasa penjualan makanan via online. Selain memudahkan pelanggan produk kita akan cepat dikenal oleh konsumen.

Bisnis Kebutuhan Bahan Pokok

Jenis usaha ini merupakan bisnis yang mudah tapi perlu manajemen yang bagus. Tantangannya adalah banyaknya jumlah toko yang menjual kebutuhan pokok. Usahakan setiap item selalu ada stok dan bila belum ada segera dicatat untuk stok belanja berikutnya.
Utamakan kenyamanan pelanggan ketika berbelanja, sapa mereka dengan ramah dan sopan serta layani dengan cepat.
Tidak sedikit penjual bisnis model ini kurang memperhatikan hal-hal tersebut, akibatnya konsumen beralih ke toko yang lebih nyaman ketika berbelanja.

Bisnis Jasa/Produk Kesehatan

Menjual produk kesehatan di kala pandemi ini memang cukup menggiurkan, pintar-pintar kita saja dalam mencari peluangnya, misalnya kita jual masker hasil produksi dalam negeri yang dikerjakan oleh penjahit-penjahit tetangga dekat tempat tinggal. 
Promosikan via media sosial dan jual juga lewat media internet. Tambahkan diskon atau gratis ongkos kirim untuk menari konsumen.
Atau bisa juga kita promosikan alat kesehatan yang dijual oleh perusahaan, dengan mendapatkan fee yang cukup lumayan.

Bisnis Jasa Pendidikan dan Pelatihan

Dikala pandemi ini aktifitas kerja lebih banyak dilakukan dari rumah dengan mengandalkan media IT (Informasi Teknologi). Nah ini juga meripakan peluang bagi kita yang mempunyai skill dalam suatu bidang. Misalnya saja kita mempunyai keahlian dalam membuat presentasi menarik, maka kita coba promosikan bahwa akan diadakan pelatihan via online melalui zoom meeting dan sejenisnya, dengan berbagai persyaratan tentunya. Dalam membuat Bisnis Jasa Pendidikan dan Pelatihan perlu diperhatikan sarana dan prasarana penunjangnya, misal media pembelajaran dalam bentuk video atau presentasi, laptop dan jaringan internet yang memadai.

Bisnis Digital

Bisnis jenis ini merupakan jenis usaha yang menjanjikan, kita tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga yang ekstra, cukup berbekal keahlian dan sarana penunjang, kita sudah bisa terjun langsung ke bisnis digital ini. Apa saja sih bisnis digital yang menjanjikan di masa krisis? Contohnya membuat video undangan digital, Membuat video pembelajaran untuk guru, menerima cetak undangan digital, banner atau kaos dan sebagainya. 

Jasa Akuntan

Bila anda mempunyai keahlian dalam hal hitung-menghitung, maka jenis usaha jasa akuntan layak untuk dicoba.
Ada beberapa jenis pekerjaan jasa akuntan ini antara lain:

Jasa asetasi
Jasa astetasi adalah jasa yang biasanya ditawarkan oleh instansi atau akuntan publik perseorangan yaitu berupa kegiatan audit umum atas laporan keuangan. Juga pemeriksaan atas pelaporan informasi keuangan proforma, pemeriksaan atas laporan keuangan prospektif, review atas laporan keuangan, dan lain sebagainya.

Jasa non-astetasi
Jasa non-astetasi merupakan jasa yang meliputi akuntansi, manajemen, keuangan, perpajakan, kompilasi, serta konsultasi.
Setelah diketahui bahwa perusahaan atau badan usaha dalam memenuhi perpajakan perlu untuk menggunakan jasa konsultan pajak dan akuntan, tentu ada banyak alasannya. Berikut adalah alasan mengapa Anda perlu menggunakan jasa tersebut :

Konsultan perpajakan akan bekerja dalam melakukan penghitungan pajak semaksimal mungkin sehingga klien tak perlu takut terkena resiko pembayaran yang lebih banyak.
Meminimalisir risiko terjadinya kesalahan penghitungan.
Ketika terjadi masalah dalam penghitungan atau analisis, akuntan atau konsultan perpajakan bisa segera mencari solusi dengan cepat.
Pekerjaan administratif perusahaan bisa menjadi jauh lebih ringan.

Bisnis Kecantikan

Usaha jenis ini idolanya ibu-ibu dan kaum hawa, target utamanya adalah perempuan, ya sebab perempuan selalu ingin tampil cantik agar tampil lebih percaya diri. Bisinis kecantikan diperlukan keahlian yang profesional. Bila kita mempunyai hal tersebut apa salahnya kalau mencobanya, utamakan kenyamanan pelanggan, buat mereka betah dengan tempat dan pelayanan kita. Ramah, bersih dan rapih merupakan poin penting dalam bisnis kecantikan.

Bisnis Komputer

Bisnis Komputer merupakan jenis usaha yang membutuhkan modal cukup besar, tetapi bisa coba disiasati dengan melakukan kerjasama dengan teman atau keluarga yang mempunyai cukup modal untuk mengembangkanjenis usaha ini, bisnis ini sangat menjanjikan dimasa pandemi ini, karena aktifitas kerja dan belajar hampir setiap hari dilakukan dari rumah dan memerlukan perangkat penunjang, salah satunya adalah komputer. Dalam bisnis ini bisa kita jual spare part dan aksesoris komputer, karena tidak begitu menghabiskan dana yang begitu besar.

Bisnis jasa pembayaran online

Bayar apa saja sekarang sudah serba online, dari bayar listrik, telepon, internet, tagihan cicilan, pdam, dan sebagainya. Bisnis jasa pembayaran online sebenarnya sangat mudah, cukup saldo yang banyak di rekening dan mobile banking atau internet banking, kita sudah bisa memulai usaha jenis ini. Karena dalam menu pembayaran e-banking sudah tersedia jeni-jenis transaksi yang banyak dibutuhkan konsumen.

Bisnis Bengkel Kendaraan Bermotor

Bisnis servis motor adalah jenis usaha kesepuluh yang layak dicoba di masa krisis. Keahlian servis bisa didapatkan melaui kursus atau pelatihan yang biayanya dapat kita peroleh dari bantuan pemerintah dimasa pandemi ini. Tidak semua orang yang mempunyai kendaraan bermotor mengerti masalah mesin terutama apabila ada kerusakan-kerusakan. Hal kecil saja misalnya dalam mengganti oli kebanyakan mereka pergi ke bengkel. Nah... dari hal kecil itu saja kita dapat mengambil peluang bisnis di masa krisis.

Itulah 10 bisnis di masa krisis yang layak dicoba, semoga kita dapat mengambil salah satu dari peluang yang ada, dan semoga krisis ini segera berlalu.


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Install:
Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.

Donasi:
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk mengelola Tahsin.id.

Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin.id

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.
kupat
Marhaban ya Ramadhan…
Bulan suci penuh berkah telah tiba.
Semoga kita menjadi orang yang bertaqwa.
Admin Tahsin.id