Skip to main content

5 Bahasa Daerah Terpopuler di Indonesia

5 Bahasa Daerah Terpopuler di Indonesia Di antara 652 bahasa di Indonesia, ada 5 bahasa daerah terpopuler yang digunakan oleh lebih dari 50% penduduk Indonesia atau sekitar 160 juta individu.

Konten [Tampil]
Sebagai salah satu negara dengan bahasa terbanyak, ada 5 bahasa daerah terpopuler di Indonesia yang paling banyak digunakan oleh masyarakatnya. Kelima bahasa ini bisa menjadi "Lingua franca" alias bahasa pengantar ketika Anda tengah berkunjung ke daerah asalnya.


5 bahasa daerah terpopuler di indonesia
5 bahasa daerah terpopuler di indonesia

Berdasarkan pernyataan dari Kepala Badan Pengembangan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan di tahun 2018, ada sekitar 652 bahasa daerah yang digunakan oleh masyarkat Indonesia. Salah satu daerah dengan bahasa terbanyak adalah Papua dengan lebih dari 400 bahasa di dalamnya.


Data ini juga terus diperbaharui tiap tahunnya sejak 1991. Untuk bisa dianggap sebagai bahasa daerah sendiri, bahasa tersebut harus digunakan oleh lebih dari 80% masyarakat dalam wilayah asalnya.

5 Bahasa Daerah Terpopuler di Indonesia
Di antara 652 bahasa di Indonesia, ada 5 bahasa daerah terpopuler yang digunakan oleh lebih dari 50% penduduk Indonesia atau sekitar 160 juta individu. Nah, berikut ini adalah bahasa - bahasa daerah terpopuler di Indonesia yang wajib Anda ketahui.

1. Bahasa Musi

Bahasa Musi atau bahasa Palembang merupakan salah satu bahasa daerah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Berdasarkan data di tahun 2000, ada sekitar 3 juta penduduk Indonesia yang menggunakan bahasa ini baik dalam berkomunikasi sehari - hari maupun sebagai bahasa pengantar.

Sesuai dengan namanya, bahasa Musi berasal dari wilayah Sumatera Selatan. Pada jaman dulu, bahasa ini digunakan oleh hampir seluruh suku disepanjang Sungai Musi seperti suku Lematang, Lakitan, Balide, Musi, Musi Banyuasin, dan tentunya suku Palembang itu sendiri.

Bahasa Musi juga kenal sebagai bahasa perdagangan. Sebab daerah ini menjadi salah satu jalur perdagangan dan transportasi di Indonesia.

2. Bahasa Minangkabau

Berikutnya ada bahasa Minangkabau yang masih berhubungan erat dengan bahasa Melayu. Bisa dibilang, bahasa ini juga menjadi salah satu cikal bakal bahasa Indonesia yang saat ini kita gunakan.

Bahasa Minangkabau masih termasuk bahasa Melayu - Polinesia dari rumpun Austronesia. Di Indonesia, bahasa Minang ini digunakan oleh penduduk bekas wilayah Kerajaan Pagaruyung. Yaitu di sekitar Jambi, Riau, dan Bengkulu. Bukan hanya itu, bahasa ini juga masih berhubungan dengan bahasa Melayu yang digunakan di Malaysia.

Berdasarkan data yang diambil pada tahun 2007, jumlah pengguna bahasa Minangkabau di Indonesia mencapai 5,5 juta individu.

3. Bahasa Madura

Untuk bahasa daerah terpopuler di Indonesia satu ini, mungkin Anda sudah pernah dengar ketika membeli sate madura asli. Karena memang masyarakat asli Madura yang merantau ke Jakarta dan sekitarnya masih sering menggunakan bahasa daerahnya.

Tercatat ada lebih dari 13 juta penduduk di Indonesia yang menggunakan bahasa ini dengan wilayah pengguna paling banyak tentunya di Pulau Madura itu sendiri. Beberapa daerah di sekitarnya seperti Pasuruan, Banyuwangi, Malang, Surabaya, hingga Kepulauan Masalembo juga banyak ditemui penutur bahasa ini.

Di luar daerah Pulau Jawa, bahasa Madura bisa ditemui di daerah Kalimantan. Tepatnya di kawasan Sambas, Bengkayang, Ketapang dan juga Pontianak.

4. Bahasa Sunda

Bahasa daerah yang satu ini pastinya sering Anda dengar. Karena di Indonesia, bahasa Sunda menjadi bahasa daerah dengan pengguna terbanyak kedua dengan jumlah penutur hingga 42 juta orang pada tahun 2007. Bahkan sudah bukan jadi hal unik bila Anda bertemu orang yang bukan keturunan Sunda namun fasih berbahasa Sunda.

Bahasa Sunda sendiri masih menjadi cabang dari bahasa Melayu - Polynesia dari rumpun bahasa Austronesia. Di Indonesia, bahasa ini bisa Anda temui di hampir seluruh milayah Jawa Barat dan Banten serta beberapa daerah di Jawa Tengah seperti Brebes dan Cilacap.

Bahkan di Jakarta sendiri, ada banyak penutur bahasa Sunda yang bisa Anda temui. Hal ini disebabkan oleh urbanisasi masyarakat Jawa Barat ke daerah ibu kota dari waktu ke waktu.

5. Bahasa Jawa

Bahasa daerah terpopuler di Indonesia serta paling banyak digunakan adalah bahasa Jawa. Berdasarkan data yang diambil pada tahun 2010, ada lebih dari 68 juta pengguna bahasa Jawa di Indonesia. Artinya lebih dari 25% penduduk di Indonesia merupakan penutur bahasa Jawa yang tersebar ke berbagai daerah.

Penutur bahasa Jawa paling banyak ditemui di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan sebagian besar daerah di Jawa Timur. Dan untuk Anda yang belum tahu, bahasa Jawa ini juga digunakan sebagai salah satu bahasa sehari - hari masyarakat Suriname, sebuah negara kecil di bagian selatan benua Amerika yang sebagian masyarakatnya merupakan keturunan Jawa asli.

Bahasa Jawa sendiri memiliki ragam dialek sesuai dengan daerah asalnya. Mulai dari dialek dari Blora, Brebes, Banyumas, Tegal, Pantura, Semarang, Cirebon, Demak, Kudus, Madiun Malang dan masih banyak lagi.

Demikianlah 5 bahasa daerah terpopuler di Indonesia. Bila Anda sedang berkunjung ke salah satu daerah ini, tidak ada salahnya belajar sedikit bahasa daerah untuk menambah wawasan dan mempermudah komunikasi dengan masyarakat lokal. Karena penduduk lokal akan merasa lebih akrab dengan wisatawan bila mereka bisa menggunakan bahasa daerahnya.

Postingan ini dikirim oleh:
Photo
Content writer, suka nulis dan makan sate ayam.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Tahsin.id - Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin.id

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.