Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tajwid surat Al Baqarah ayat 27

Assalaamu'alaikum, apa kabar sobat Tahsin.id?, berjumpa kembali dengan kami. Sudah beberapa lama blog ini tidak update artikel dikarenakan admin ada kesibukan lain, semoga sobat semua selalu setia berkunjung ke blog ini.🙏

Pada artikel ini akan diuraikan hukum tajwid surat Al Baqarah ayat 27.

tajwid surat al baqarah ayat 27
tajwid surat al baqarah ayat 27

Dalam ayat ini terdapat beberapa hukum tajwid, antara lain: Tajwid Mad Thabi'i, Ikhfa, Tafkhim, Alif Lam Qamariyah, dan sebagainya.

Mari kita bahas hukum tajwid surat Al Baqarah ayat 27 ini bersama-sama.
اَعُوْذُ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

الَّذِيْنَ يَنْقُضُوْنَ عَهْدَ اللّٰهِ مِنْۢ بَعْدِ مِيْثَا قِهٖ ۖ وَيَقْطَعُوْنَ مَاۤ اَمَرَ اللّٰهُ بِهٖۤ اَنْ يُّوْصَلَ وَيُفْسِدُوْنَ فِى الْاَ رْضِ ۗ اُولٰٓئِكَ هُمُ الْخٰسِرُوْنَ
allaziina yangqudhuuna 'ahdallohi mim ba'di miisaaqihii wa yaqtho'uuna maaa amarollaahu bihiii ay yuushola wa yufsiduuna fil-ardh, ulaaa`ika humul-khoosiruun

"(yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah setelah (perjanjian) itu diteguhkan, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah untuk disambungkan, dan berbuat kerusakan di bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 27)

Contoh Mad Thabi'i


الَّذِيْنَ
Ini adalah contoh Tajwid Mad Thabi'i dalam surat Al Baqarah ayat 27, sebab ada huruf Ya di-kasrah. Panjang Mad Thabi'i adalah 1 alif atau 2 harakat.
يَنْقُ
Ini adalah Ikhfa Haqiqi, sebab ada Nun sukun bertemu dengan huruf Qaf. Ketika dibaca, huruf Nun nya dibaca samar. Dalam Ilmu Tajwid, Ikhfa Haqiqi masuk ke dalam hukum Nun Sukun dan Tanwin.
قُضُوْنَ
Nama hukum tajwid diatas adalah Mad Thabi'i, alasannya karena ada huruf Wawu di-dlommah.

Contoh Tafkhim

عَهْدَ اللّٰهِ
Ini adalah Tafkhim (tebal) sebab ada lafadz Allah didahului oleh fathah. 

Contoh Iqlab

مِنْۢ بَعْدِ
Ini adalah contoh Tajwid Iqlab, alasannya sebab ada nun sukun bertemu dengan huruf Ba. Cara membaca hukum Iqlab yaitu huruf Nun ketika dibaca diganti menjadi Mim.
مِيْثَا قِهٖ ۖ 
Pada kata diatas terdapat 1 hukum tajwid, yaitu Mad Thabi'i alasannya sebab ada huruf Ya di-kasrah dan Alif di-fathah.

Contoh Qolqolah

وَيَقْطَ
Ini adalah contoh tajwid Qolqolah, sebab ada huruf Qaf sukun asli.
طَعُوْنَ
Nah ini juga Mad Thabi'i, sebab ada huruf Wawu di-dlommah.
مَاۤ اَ
Ini adalah tajwid Mad Jaiz Munfashil, alasannya sebab ada Mad Thabi'i bertemu Alif pada kata yang lain. Panjang Mad Jaiz Munfashil antara 2-5 harakat.

Huruf Ra dibaca tafkhim

اَمَرَ اللّٰهُ
Nama tajwid diatas adalah Tafkhim dan huruf Ra dibaca Tafkhim. Tafkhim di surat Al Baqarah ini sebab ada lafadz Allah didahului oleh fathah. Sedangkan huruf Ra dibaca tafkhim, sebab berharakat fathah.

Contoh Mad Shilah Thawilah

 
 بِهٖۤ اَ
Ini adalah Tajwid Mad Shilah Thawilah, sebab ada Mad shilah qashirah bertemu Alif di depannya. Panjang Mad Shilah Thawilah adalah 5 harakat.

Contoh Idgham Bighunnah

اَنْ يُّ
Ini adalah Idgham Bighunnah, sebab ada nun sukun bertemu dengan huruf Ya. Cara membacanya, huruf nun dimasukkan/diidghamkan ke dalam huruf Ya.
يُّوْصَلَ وَيُفْسِدُوْنَ
Perhatikanlah kalimat diatas, disini ada 1 hukum tajwid, yaitu Mad Thabi'i alasannya sebab ada huruf wawu di-dlommah.

Contoh Alif Lam Qamariyah

فِى الْاَ رْضِ ۗ 
Nama hukum tajwid diatas adalah Alif lam qamariyah, sebab ada alif lam bertemu dengan huruf qamariyah yaitu alif. Tandanya ada sukun diatas huruf Lam.

Perhatikan ya, disini sebelum alif lam ada huruf ya di-kasrah, tetapi tidak dibaca panjang melainkan dimasukkan ke dalam hukum alif lam.
اُولٰٓئِكَ
Nama hukum tajwid diatas adalah Mad Wajib Muttashil, alasannya sebab ada Mad Ashli bertemu Hamzah dalam 1 kata. Panjang Mad Wajib Muttashil adalah 5 harakat.
هُمُ الْخٰ
Pada kalimat diatas ada 2 hukum tajwid, yaitu Alif Lam Qamariyah dan Mad Ashli. Alif Lam qamariyah sebab ada alif lam bertemu dengan huruf qamariyah, yaitu Kha. 

Sedangkan Mad Ashli, sebab ada fathah berdiri. Panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.
سِرُوْنَ
Ini adalah Mad 'Aridl Lissukun, sebab ada Mad Thabi'i bertemu dengan huruf hidup kemudian bacaannya waqaf/berhenti. Panjang Mad 'Aridl Lissukun antara 2-6 harakat.

Demikianlah hukum tajwid atau hukum bacaan surat Al Baqarah ayat 27, semoga bermanfaat.👌


Abu Haqqi
Abu Haqqi Blogger

Post a Comment for " Tajwid surat Al Baqarah ayat 27"

Berlangganan via Email