Skip to main content

Tajwid surat Al Isra ayat 32

Pada artikel kali ini Tahsin.id akan menguraikan hukum tajwid surat Al Isra ayat 32. Ayat ini menjelaskan tentang larangan berbuat zina.

Konten [Tampil]
Al Isra adalah nama surat  dalam Al Quran yang diturunkan di kota Mekkah. Surat Al Isra terdiri dari 111 ayat.

Pada artikel kali ini Tahsin.id akan menguraikan hukum tajwid surat Al Isra ayat 32. Ayat ini menjelaskan tentang larangan berbuat zina.

اَعُوْذُ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰۤى اِنَّهٗ كَا نَ فَا حِشَةً ۗ وَسَآءَ سَبِيْلًا
wa laa taqrobuz-zinaaa innahuu kaana faahisyah, wa saaa`a sabiilaa

"Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 32)

tajwid surat al isra ayat 32
tajwid surat al isra ayat 32


Tajwid surat Al Isra ayat 32

وَلَا
Ini adalah Mad Thabi'i, sebab ada huruf alif di-fathah. Panjang Mad Thabi'i adalah 1 alif atau 2 harakat.
تَقْرَ
Pada kata diatas ada 2 hukum tajwid, yaitu Qolqolah sughra dan huruf Ra dibaca Tafkhim. Qolqolah sughra pada surat Al Isra ayat 32 ini terjadi sebab ada huruf qolqolah (Qof) yang sukun asli. Huruf ra dibaca tafkhim sebab berharakat fathah.
بُوا الزِّ
Nama hukum tajwid diatas adalah Alif lam syamsiyah, sebab ada alif lam bertemu dengan salah satu huruf syamsiyah, yaitu Zai. Ketika dibaca huruf lam-nya tidak tampak. Tandanya ada tasydid diatas huruf Zai.

Pada kalimat diatas ada huruf wawu di-dlommah, tetapi disini tidak dibaca panjang, melainkan dimasukkan ke dalam hukum alif lam syamsiyah.
زِّنٰۤى اِ
Nama hukum tajwid diatas adalah Mad Jaiz Munfashil, alasannya sebab ada mad thabi'i bertemu dengan alif pada lain kata. Panjang mad jaiz munfashil antara 2-5 harakat.
اِنَّهٗ
Perhatikan kata diatas, disini ada 2 hukum tajwid. Yaitu Ghunnah dan Mad Shilah Qashirah. Ghunnah pada surat Al Isra ayat 32 ini sebab ada huruf Nun di-tasydid. Ketika dibaca, huruf Nun-nya harus didengungkan antara 2-3 harakat.

Yang kedua adalah Mad Shilah Qashirah, sebab ada Ha dlomir berharakat dlommah terbalik, dan didepannya tidak ada huruf mad. Panjang mad shilah qashirah adalah 1 alif atau 2 harakat.
كَا نَ فَا حِشَةً ۗ 
Perhatikanlah kalimat diatas, disini ada 1 hukum tajwid, yaitu Mad thabi'i, alasannya sebab ada huruf alif di-fathah. Panjangya adalah 1 alif atau 2 harakat.

Huruf Ta marbuthah (Ta bulat) ketika waqaf maka dibaca menjadi Ha.
وَسَآءَ
Ini adalah Mad Wajib Muttashil, alasannya sebab ada mad thabi'i (alif di-fathah) bertemu huruf hamzah dalam 1 kata. Panjang mad wajib muttashil adalah 5 harakat.
سَبِيْلًا
Pada kata diatas ada 2 hukum mad, yaitu Mad Thabi'i dan Mad 'Iwadl.

Mad Thabi'i pada surat Al Isra ayat 32 ini sebab ada huruf Ya di-kasrah.
Mad 'Iwadl pada surat Al Isra diatas sebab ada huruf alif berharakat tanwin fathah, kemudian bacaannya waqaf (berhenti).

Cara membaca hukum tajwid Mad 'Iwadl sama seperti Mad Thabi'i.

Penutup

Demikianlah penjelasan hukum tajwid surat Al Isra ayat 32, semoga bermanfaat.
Semoga kita semua dan keluarga dijauhkan dari segala macam jenis perbuatan zina.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Tahsin.id - Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin.id

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.