Skip to main content

Tajwid surat Al Mulk ayat 16-20

Al Mulk adalah nama surat ke 67 dalam Al Quran, Al Mulk artinya kerajaan yang diambil dari ayat pertama surat tersebut. Surat Al mulk terdiri dari 30 ayat dan diturunkan di kota Mekkah, maka dinamakan juga surat Makkiyah. Pada artikel ini Tahsin.id akan menganalisa hukum tajwid surat Al Mulk ayat 16-20

Konten [Tampil]
Al Mulk adalah nama surat ke 67 dalam Al Quran, Al Mulk artinya kerajaan yang diambil dari ayat pertama surat tersebut. Surat Al mulk terdiri dari 30 ayat dan diturunkan di kota Mekkah, maka dinamakan juga surat Makkiyah. Pada artikel ini Tahsin.id akan menganalisa hukum tajwid surat Al Mulk ayat 16-20, sebelumnya sudah dijelaskan tajwid surat Al Mulk ayat 10-15.


اَعُوْذُ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

ءَاَمِنْتُمْ مَّنْ فِى السَّمَآءِ اَنْ يَّخْسِفَ بِكُمُ الْاَ رْضَ فَاِ ذَا هِيَ تَمُوْرُ ۙ 
a amingtum mang fis-samaaa`i ay yakhsifa bikumul-ardho fa izaa hiya tamuur
"Sudah merasa amankah kamu, bahwa Dia yang di langit tidak akan membuat kamu ditelan bumi ketika tiba-tiba ia terguncang?" (QS. Al-Mulk 67: Ayat 16)

اَمْ اَمِنْتُمْ مَّنْ فِى السَّمَآءِ اَنْ يُّرْسِلَ عَلَيْكُمْ حَا صِبًا ۗ فَسَتَعْلَمُوْنَ كَيْفَ نَذِيْرِ
am amingtum mang fis-samaaa`i ay yursila 'alaikum haashibaa, fa sata'lamuuna kaifa naziir
"Atau sudah merasa amankah kamu, bahwa Dia yang di langit tidak akan mengirimkan badai yang berbatu kepadamu? Namun kelak kamu akan mengetahui bagaimana (akibat mendustakan) peringatan-Ku." (QS. Al-Mulk 67: Ayat 17)

وَلَـقَدْ كَذَّبَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَكَيْفَ كَا نَ نَكِيْرِ
wa laqod kazzaballaziina ming qoblihim fa kaifa kaana nakiir
"Dan sungguh, orang-orang yang sebelum mereka pun telah mendustakan (para rasul-Nya). Maka betapa hebatnya kemurkaan-Ku!" (QS. Al-Mulk 67: Ayat 18)

اَوَلَمْ يَرَوْا اِلَى الطَّيْرِ فَوْقَهُمْ صٰٓـفّٰتٍ وَّيَقْبِضْنَ ۘ مَا يُمْسِكُهُنَّ اِلَّا الرَّحْمٰنُ ۗ اِنَّهٗ بِكُلِّ شَيْءٍۢ بَصِيْرٌ
a wa lam yarou ilath-thoiri fauqohum shoooffaatiw wa yaqbidhn, maa yumsikuhunna illar-rohmaan, innahuu bikulli syai`im bashiir
"Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pengasih. Sungguh, Dia Maha Melihat segala sesuatu." (QS. Al-Mulk 67: Ayat 19)

اَمَّنْ هٰذَا الَّذِيْ هُوَ جُنْدٌ لَّكُمْ يَنْصُرُكُمْ مِّنْ دُوْنِ الرَّحْمٰنِ ۗ اِنِ الْكٰفِرُوْنَ اِلَّا فِيْ غُرُوْرٍ ۚ
am man haazallazii huwa jungdul lakum yangshurukum ming duunir-rohmaan, inil-kaafiruuna illaa fii ghuruur
"Atau siapakah yang akan menjadi bala tentara bagimu yang dapat membelamu selain (Allah) Yang Maha Pengasih? Orang-orang kafir itu hanyalah dalam (keadaan) tertipu." (QS. Al-Mulk 67: Ayat 20)

tajwid surat al mulk.
tajwid surat al mulk

Tajwid surat Al Mulk ayat 16

ءَاَمِنْتُمْ
Hukum tajwid pada kata diatas adalah Ikhfa, sebab ada nun sukun bertemu dengan huruf Ta. Ketika dibaca huruf nun-nya disamarkan, dalam ilmu tajwid Ikhfa masuk ke dalam Hukum Nun Sukun dan Tanwin.
تُمْ مَّ
Tajwid pada kata diatas adalah idgham mimi, alasannya sebab ada mim sukun bertemu dengan huruf mim. Ketika dibaca huruf mim nya harus didengungkan. 
مَّنْ فِ
Hukum tajwid diatas adalah ikhfa, sebab ada nun sukun bertemu dengan huruf Fa.
فِى السَّ
Nama hukum tajwid pada kata diatas adalah alif lam syamsiyah, sebab ada alif lam menghadapi huruf syamsiyah, tandanya ada tasydid diatas huruf sin. Ketika dibaca huruf lam-nya tidak tampak. Perhatikan sebelum alif lam ada huruf ya, nah disini tidak dibaca panjang, tetapi dimasukkan ke dalam hukum alif lam. Hukum Alif lam ada 2, yaitu alif lam qamariyah dan alif lam syamsiyah.
سَّمَآءِ
Ini adalah contoh mad wajib muttashil dalam surat Al Mulk, alasannya sebab ada mad thabi'i yaitu alif di-fathah menghadapi hamzah dalam1 kata. Panjang mad wajib muttashil adalah 5 harakat.
اَنْ يَّخْسِفَ
Nama hukum tajwid diatas adalah idgham bighunnah, sebab ada nun sukun bertemu dengan huruf idgham yaitu Ya.
بِكُمُ الْاَ رْضَ
Pada kalimat diatas nama tajwidnya adalah alif lam qamariyah, sebab ada alif lam bertemu dengan salah satu huruf qamariyah yaitu alif.
فَاِ ذَا هِيَ
Hukum tajwid pada kalimat diatas adalah mad thabi'i, sebab ada huruf alif di-fathah. Panjang mad thabi'i adalah 1 alif atau 2 harakat.
تَمُوْرُ ۙ 
Ini adalah contoh mad 'aridl lissukun dalam surat Al Mulk, sebab ada mad thabi'i (wawu di-dlommah) bertemu dengan huruf hidup, kemudian bacaannya waqaf. Panjang mad 'aridl lissukun antara 2-6 harakat.

Tajwid surat Al Mulk ayat 17

اَمْ اَ
Ini adalah contoh idzhar syafawi dalam surat Al Mulk, sebab ada mim sukun bertemu dengan huruf alif. Ketika dibaca huruf mim-nya tidak boleh dengung. Dalam ilmu tajwid idzhar syafawi masuk ke dalam Hukum Mim sukun.
اَمِنْتُمْ
Ini adalah contoh tajwid ikhfa dalam surat Al Mulk.
تُمْ مَّ
Kata diatas adalah contoh tajwid idgham mimi dalam surat Al Mulk, sebab ada mim sukun bertemu dengan huruf mim.
مَّنْ فِ
Ini adalah contoh ikhfa dalam surat Al Mulk.
فِى السَّ
Ini adalah contoh alif lam syamsiyah dalam surat Al Mulk.
سَّمَآءِ
Ini adalah contoh mad wajib muttashil dalam surat Al Mulk.
اَنْ يُّرْسِلَ
Kata diatas adalah contoh idgham bighunnah dalam surat Al Mulk, sebab ada nun sukun bertemu dengan huruf ya.
عَلَيْكُمْ
Hukum tajwid diatas adalah huruf lin, sebab ada huruf ya sukun oleh fathah.
كُمْ حَ
Ini adalah contoh idzhar syafawi dalam surat Al Mulk.
حَا
Hukum tajwid diatas adalah mad thabi'i, sebab ada huruf alif di-fathah.
صِبًا ۗ 
Nah ini adalah contoh Mad 'Iwadl dalam surat Al Mulk, alasannya sebab ada huruf alif berharakat tanwin fathah, kemudian bacaannya waqaf. Cara membaca mad 'iwadl sama seperti mad thabi'i, panjangnyapun sama, yaitu 1 alif atau2 harakat.
فَسَتَعْلَمُوْنَ
Hukum tajwid diatas adalah mad thabi'i, sebab ada huruf wawu di-dlommah.
كَيْفَ
Hukum tajwid diatas adalah huruf lin, alasannya sebab ada huruf ya sukun oleh fathah.
نَذِيْرِ
Ini adalah contoh mad 'aridl lissukun dalam surat Al Mulk.


Tajwid surat Al Mulk ayat 18

وَلَـقَدْ
Ini adalah contoh qolqolah sughra dalam surat Al Mulk, sebab ada salah satu huruf qolqolah yaitu Dal sukun asli. Dalam ilmu tajwid Hukum Qolqolah ada 2, yaitu Qolqolah Sughra dan Qolqolah Kubra.
كَذَّبَ الَّذِيْنَ
Pada kalimat diatas nama hukumnya adalah tajwid mad thabi'i, sebab ada huruf ya di-kasrah.
مِنْ قَ
Tajwid diatas adalah contoh Ikhfa dalam surat Al Mulk, sebab ada nun sukun bertemu dengan huruf Qof.
قَبْلِهِمْ
Ini adalah contoh qolqolah sughra dalam surat Al Mulk, sebab ada salah satu huruf qolqolah (Ba) sukun asli.
هِمْ فَ
Ini adalah contoh tqjwid idzhar syafawi dalam surat Al Mulk, sebab ada mim sukun bertemu dengan huruf Fa.
فَكَيْفَ
Ini adalah contoh huruf lin dalam surat Al Mulk, sebab ada huruf ya sukun oleh fathah.
كَا نَ
Hukum tajwid diatas adalah mad thabi'i, sebab ada huruf alif di-fathah.
نَكِيْرِ
Ini adalah contoh mad 'aridl lissukun dalam surat Al Mulk.

Tajwid surat Al Mulk ayat 19

اَوَلَمْ يَ
Ini adalah contoh, idzhar syafawi dalam surat Al Mulk, sebab ada mim sukun menghadapi huruf ya.
يَرَوْا
Hukum tajwid diatas adalah contoh huruf lin di surat Al Mulk, sebab ada huruf wawu sukun oleh fathah.
اِلَى الطَّيْرِ
Hukum tajwid diatas ada 2, yaitu alif lam syamsiyah dan huruf lin. Contoh alif lam syamsiyah dalam surat Al Mulk diatas sebab ada alif lam menghadapi huruf Tha. Ketika dibaca huruf lam-nya tidak tampak. Contoh huruf lin dalam surat Al Mulk ayat 19 ini sebab ada huruf ya disukun oleh fathah.
فَوْقَهُمْ
Ini adalah contoh huruf lin, sebab ada huruf wawu sukun oleh fathah.
قَهُمْ ص
Tajwid diatas adalah contoh idzhar syafawi dalam surat Al Mulk.
صٰٓـفّٰتٍ
Nama hukum tajwid pada kata diatas adalah mad lazim mutsaqqal kalimi, sebab ada mad ashli menghadapi huruf bertasydid dalam satu kata, panjangnya enam harakat.
تٍ وَّ
Hukum tajwid diatas adalah Idgham bighunnah, sebab ada tanwin (kasrah) bertemu dengan huruf wawu.
وَّيَقْبِضْنَ ۘ 
Nama hukum tajwid diatas adalah qolqolah sughra, sebab ada huruf qolqolah (Qof) yang sukun asli. Dan perhatikan, disini ada huruf mim kecil, ini adalah tanda waqaf lazim, maksudnya bacaan harus berhenti.
مَا يُمْسِكُهُنَّ
Perhatikanlah kalimat diatas, disini ada 2 hukum yaitu mad thabi'i dan ghunnah. Mad thabi'i sebab ada huruf alif di-fathah. Ghunnah dalam surat Al Mulk ini sebab ada huruf di-tasydid. Ketika dibaca huruf nun-nya harus didengungkan.
اِلَّا الرَّ
Pada kata diatas ada 2 hukum tajwid, yaitu alif lam syamsiyah dan huruf ra dibaca tafkhim. Dalam ilmu tajwid Cara membaca huruf Ra dibagi menjadi 2 yaitu tafkhim dan tarqiq.
رَّحْمٰنُ ۗ 
Nama hukum tajwid diatas adalah mad ashli, sebab ada fathah berdiri, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat. Disini ada tanda waqaf   ۗ maksudnya bacaan waqaf lebih utama.
اِنَّهٗ
Pada kata diatas ada 2 hukum tajwid, yaitu ghunnah dan mad shilah qashirah. Ghunnah disini terjadi sebab ada huruf nun di-tasydid. Mad shilah qashirah dalam surat Al Mulk ini terjadi karena ada Ha dlomir berharakat dlommah terbalik dan di depannya tidak ada huruf mad. Panjang mad shilah qashirah ada 1 alif atau 2 harakat.
بِكُلِّ شَيْ
Pada kalimat diatas nama tajwidnya adalah huruf lin, sebab ada huruf ya sukun oleh fathah.
ءٍۢ بَ
Nama hukum tajwid diatas adalah Iqlab, sebab ada tanwin bertemu dengan huruf Ba. Ketika dibaca bunyi tanwin berganti menjadi bunyi mim.
بَصِيْرٌ
Kata diatas adalah contoh tajwid mad 'aridl lissukun dalam surat Al Mulk, sebab ada mad thabi'i bertemu dengan huruf hidup, kemudian bacaannya waqaf. Panjang mad 'aridl lissukun antara 2-6 harakat.

Tajwid surat Al Mulk ayat 20

اَمَّنْ
Ini adalah contoh ghunnah dalam surat Al Mulk, alasannya sebab ada huruf mim di-tasydid. Ketika dibaca huruf mim-nya harus didengungkan. Huruf ghunnah ada 2, yaitu mim dan nun apabila di-tasydid.
مَّنْ هٰ
Ini adalah contoh idzhar halqi dalam surat Al Mulk, sebab ada nun sukun bertemu dengan huruf Ha. 
هٰذَا الَّذِيْ
Pada kalimat diatas ada 1 hukum tajwid yaitu mad thabi'i atau mad ashli, sebab ada fathah berdiri dan ya di-kasrah. Panjang mad thabi'i atau mad ashli adalah 1 alif atau 2 harakat.
هُوَ جُنْدٌ لَّكُمْ
Hukum tajwid pada kalimat diatas adalah Idgham Bila ghunnah, sebab ada tanwin bertemu dengan huruf lam. Dalam ilmu tajwid idgham bila ghunnah masuk ke dalam hukum nun sukun dan tanwin.
لَّكُمْ يَ
Nama tajwid diatas adalah idzhar syafawi, sebab ada mim sukun bertemu dengan huruf ya.
يَنْصُرُكُمْ مِّ
Ini adalah contoh idgham mimi dalam surat Al Mulk, sebab ada mim sukun bertemu dengan huruf mim, ketika dibaca huruf mim-nya harus didengungkan.
مِّنْ دُ
Ini adalah tajwid ikhfa dalam surat Al Mulk sebab ada nun sukunbertemu dengan huruf dal.
دُوْنِ
Ini adalah tajwid mad thabi'i dalam surat Al Mulk, sebab ada huruf wawu di-dlommah.
نِ الرَّ
Tajwid diatas adalah alif lam syamsiyah dan huruf ra dibaca tafkhim.
رَّحْمٰنِ ۗ 
Hukum tajwid diatas adalah mad ashli, sebab ada fathah berdiri.
اِنِ الْكٰفِرُوْنَ
Pada kalimat diatas hukum tajwidnya antara lain alif lam qamariyah dan mad thabi'i.
اِلَّا فِيْ
Ini adalah contoh tajwid mad thabi'i dalam surat Al Mulk, sebab ada alif di-fathah dan wawu di-dlommah.
غُرُوْرٍ ۚ
Ini adalah contoh mad 'aridl lissukun dalam surat Al Mulk, sebab ada mad thabi'i menghadapi huruf hidup, kemudian bacaannya waqaf.

Penutup

Demikianlah penjelasan hukum tajwid surat Al Mulk ayat 16-20. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Tahsin.id - Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin.id

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.