Skip to main content

Tajwid surat 'Abasa ayat 16-20

Konten [Tampil]
Surat 'Abasa adalah nama surat ke 80 dalam Al Quran. Surat yang diturunkan di kota Mekkah ini berjumlah 42 ayat.

'Abasa mempunyai arti Ia bermuka masam yang diambil dari ayat pertama surat tersebut. Tahsin.id akan menganalisa hukum tajwid surat 'Abasa ayat 16-20.

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan Tajwid surat 'Abasa ayat 11-15.

tajwid surat abasa ayat 16-20
tajwid surat abasa ayat 16-20

اَعُوْذُ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

كِرَا مٍۢ بَرَرَةٍ ۗ
kiroomim baroroh

"yang mulia lagi berbakti."
(QS. 'Abasa 80: Ayat 16)

قُتِلَ الْاِ نْسَا نُ مَاۤ اَكْفَرَهٗ ۗ
qutilal-ingsaanu maaa akfaroh

"Celakalah manusia! Alangkah kufurnya dia!"
(QS. 'Abasa 80: Ayat 17)

مِنْ اَيِّ شَيْءٍ خَلَقَهٗ ۗ
min ayyi syai`in kholaqoh

"Dari apakah Dia (Allah) menciptakannya?"
(QS. 'Abasa 80: Ayat 18)

مِنْ نُّطْفَةٍ ۗ خَلَقَهٗ فَقَدَّرَهٗ ۙ
min nuthfah, kholaqohuu fa qoddaroh

"Dari setetes mani, Dia menciptakannya lalu menentukannya."
(QS. 'Abasa 80: Ayat 19)

ثُمَّ السَّبِيْلَ يَسَّرَهٗ ۙ
summas-sabiila yassaroh

"Kemudian jalannya Dia mudahkan,"
(QS. 'Abasa 80: Ayat 20).


Tajwid surat 'Abasa ayat 16

كِرَا
Pada kata diatas ada 2 hukum tajwid, yaitu mad thabi'i dan huruf ra dibaca tafkhim, Mad Thabi'i pada surat 'Abasa ini sebab ada huruf alif di-fathah, panjangnya adalah 1 alif (2 harakat) Huruf ra dibaca tafkhim sebab berharakat fathah.
مٍۢ بَرَرَةٍ ۗ
Hukum tajwid diatas adalah Iqlab, alasannya sebab ada tanwin bertemu dengan huruf Ba. Ketika dibaca bunyi tanwin berganti menjadi mim, sebagai tanda Iqlab diatasnya ada huruf mim kecil. Dan huruf ra dibaca tafkhim sebab berharakat fathah.

Tajwid surat 'Abasa ayat 17

قُتِلَ الْاِ
Nama hukum tajwid diatas adalah Alif Lam Qamariyah, alasannya sebab ada alif lam bertemu dengan huruf alif, diatasnya ada tanda sukun.
اِ نْسَ
Nama hukum tajwid diatas adalah Ikhfa, sebab ada nun sukun bertemu dengan huruf sin. Dalam ilmu tajwid Ikhfa masuk ke dalam Hukum Nun Sukun dan Tanwin.
سَا نُ
Ini adalah contoh tajwid Mad Thabi'i dalam surat 'Abasa, sebab ada huruf alif di-fathah.
مَاۤ اَكْفَرَهٗ ۗ
Nama hukum tajwid pada kalimat diatas adalah Mad Jaiz Munfashil, sebab ada mad thabi'i bertemu alif pada kata yang lain, panjang mad jaiz munfashil antara 2-5 harakat.

Tajwid surat 'Abasa ayat 18

مِنْ اَيِّ
Nama hukum tajwid pada kata diatas adalah Idzhar Halqi, alasannya sebab ada nun sukun bertemu dengan huruf alif. Dalam ilmu tajwid Idzhar Halqi masuk ke dalam Hukum Nun Sukun dan Tanwin.

شَيْءٍ خَلَقَهٗ ۗ
Nama hukum tajwid pada kalimat diatas ada 2, yaitu huruf lin dan idzhar halqi. Huruf lin pada surat 'Abasa sebab ada huruf ya sukun oleh fathah. Sedangkan idzhar halqi pada surat 'Abasa ini terjadi sebab ada tanwin bertemu dengan huruf kha.

Tajwid surat 'Abasa ayat 19

مِنْ نُّ
Nama hukum tajwid pada kata diatas adalah Idgham Bighunnah, sebab ada nun sukun bertemu dengan huruf nun. Ketika dibaca huruf nun-nya harus didengungkan.
نُّطْفَةٍ ۗ 
Nama hukum tajwid diatas adalah qolqolah sughra, alasannya ada huruf qolqolah yaitu Tha sukun asli. Hukum qolqolah ada 2, yaitu qolqolah sughra dan qolqolah kubra.
خَلَقَهٗ فَقَدَّرَهٗ ۙ
Hukum tajwid pada kalimat diatas ada 2, yaitu mad shilah qashirah dan huruf ra dibaca tafkhim. Mad shilah qashirah dalam surat 'Abasa ini sebab ada Ha dlomir (bulat) berharakat dlommah terbalik. Panjang mad shilah qashirah adalah 1 alif atau 2 harakat. 

Huruf ra dibaca tafkhim pada surat 'Abasa ini sebab berharakat fathah.

Tajwid surat 'Abasa ayat 20

ثُمَّ
Ini adalah contoh ghunnah dalam surat 'Abasa, sebab ada huruf mim di-tasydid. Ketika dibaca huruf mim-nya harus didengungkan.
مَّ السَّ
Ini adalah contoh Alif Lam Syamsiyah dalam surat 'Abasa, sebab ada alif lam bertemu dengan huruf syamsiyah yaitu huruf sin. Ketika dibaca huruf lam-nya tidak tampak.
سَّبِيْلَ
Ini adalah contoh mad thabi'i dalam surat 'Abasa, sebab ada huruf ya di-kasrah.Panjang mad thabi'i adalah 1 alif atau 2 harakat.
يَسَّرَهٗ ۙ
Hukum tajwid diatas adalah huruf ra dibaca tafkhim, sebab berharakat fathah.

Penutup

Demikianlah penjelasan hukum tajwid surat 'Abasa ayat 16-20, semoga bermanfaat.

 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Tahsin.id - Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin.id

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.