Skip to main content

Doa Menjelang Buka Puasa

Berdoa menjelang buka puasa sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebab menjelang berbuka puasa merupakan salah satu waktu diterimanya do'a, atau waktu mustajabnya doa.

Konten [Tampil]
Berdoa menjelang buka puasa  sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebab menjelang berbuka puasa merupakan salah satu waktu diterimanya do'a, atau waktu mustajabnya doa. Doa menjelang buka puasa adalah doa yang sangat populer di kalangan ummat Islam, atau lebih kerennya doa yang lagi viral, apalagi di bulan Ramadhan. Sebab mulai dari anak-anak ketika belajar di TK dan TPA doa menjelang buka puasa ini sudah diajarkan. Selain itu sejak anak-anak sebagian besar ummat Islam sudah membiasakan ikut melaksanakan puasa ramadhan.

Doa menjelang buka puasa

Doa berbuka puasa yang kita kenal sejak kecil adalah doa yang dimulai dari kata Allahumma laka shumtu. Tahukah sobat Tahsin.id lafadz doa ini? Nah bila belum, admin akan membagikannya disini.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin

Artinya: "Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah, dan sengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih".

doa menjelang buka puasa
doa menjelang buka puasa

Selain doa menjelang buka puasa di atas, ada doa yang belum diketahui oleh sebagian besar ummat Islam. Doa ini berdasarkan jumhur beberapa ulama.
Ini adalah doa ber 

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruq wa tsabatal ajru insyaa-allah

Artinya: Telah hilang dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki. (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357] dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678)


Keutamaan berdoa menjelang buka puasa



Allah SWT senantiasa mendengar doa hamba-hamba-Nya yang bertakwa, hal ini sesuai firman-Nya dalam Al Quran surat Ghafir 40: ayat 60:

وَقَا لَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْۤ اَسْتَجِبْ لَـكُمْ ۗ اِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَا دَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَا خِرِيْنَ
wa qoola robbukumud'uuniii astajib lakum, innallaziina yastakbiruuna 'an 'ibaadatii sayadkhuluuna jahannama daakhiriin

"Dan Tuhanmu berfirman, Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk ke Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."
(QS. Ghafir 40: Ayat 60)

Itulah doa menjelang buka puasa yang dapat dipraktekkan ketika berbuka.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Tahsin.id - Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin.id

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.