Skip to main content

Mengenal Aplikasi PeduliLindungi untuk Melacak Persebaran Virus Corona

Like and Subscribe:

Tahsin.id on YouTube
Tahsin.id on Youtube
Subscribe
Daftar Isi [Tampil]

Mengenal Aplikasi PeduliLindungi untuk Melacak Persebaran Virus Corona

aplikasi peduli lindungi
sumber: kominfo

Pemerintah akhirnya membuat alat untuk melakukan penelusuran dan pelacakan sebaran virus corona COVID-19 di Indonesia. Nama alat tersebut adalah aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini berfungsi melakukan tracing (penelusuran), tracking (pelacakan), dan fencing (mengurung/isolasi) ini sudah bisa di-download di situs pedulilindungi.id.


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjadi pihak yang membuat aplikasi ini akan memantau pergerakan orang-orang di aplikasi tersebut. Kominfor mengatakan akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, BNPB, dan operator telekomunikasi.

Aplikasi PeduliLidungi

Lalu sebenarnya apa aplikasi PeduliLindungi ini? PeduliLindungi secara garis besar memiliki fungsi yang serupa dengan aplikasi Trace Together buatan Singapura. Namun, ada beberapaa perbedaan. Terutama dalam fitur dan konfigurasinya dalam mengawasi pasien positif COVID-19, termasuk hadirnya fitur yang dikembangkan sendiri seperti fencing dan warning.

Cara kerja aplikasi PeduliLindungi

Cara kerja aplikasi PeduliLindungi adalah bisa melakukan tracing, tracking, dan fencing dengan berdasarkan nomor SIM card ponsel atau Mobile Device Number (MDN) kalian. Dengan ini diharapkan pemerintah bisa melacak kemana saja para penderita virus corona dalam 14 hari terakhir.

Peran operator selular dalam mencegah covid-19

Operator selular berperan besar dalam memberikan data untuk keperluan tracing. Lebih jauh lagi, operator juga akan secara otomatis memberikan peringatan melalui SMS blast jika terdeteksi perkumpulan massa di masa darurat yang berlangsung hingga 29 Mei. Pemonitoran massa dilakukan melalui data pergerakan smartphone berdasarkan data BTS (base transceiver station), sebagai upaya penegakkan imbauan social distancing.

Ketika sudah men-download dan mecoba aplikasi ini. Pengguna akan diminta memasukkan data nama lengkap dan nomor ponsel. Kemudian pengguna juga diminta untuk terus mengaktifkan Bluetooth agar proses pelacakan bisa berjalan.


Postingan ini dikirim oleh:
Photo


Journalist. Photographer

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Install:
Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.

Donasi:
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk mengelola Tahsin.id.

Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin.id

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.
kupat
Marhaban ya Ramadhan…
Bulan suci penuh berkah telah tiba.
Semoga kita menjadi orang yang bertaqwa.
Admin Tahsin.id