Skip to main content

Tajwid surat Ar Rahman ayat 1-5

Konten [Tampil]
Apa saja sih hukum tajwid pada surat Ar Rahman? Tahsin Online akan menguraikan tajwid surat Ar Rahman ayat 1-5 pada artikel ini.


tajwid surat ar rahman ayat 1-5

اَعُوْذُ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

اَلرَّحْمٰنُ ۙ 
ar-rohmaan

"(Allah) Yang Maha Pengasih,"
(QS. Ar-Rahman 55: Ayat 1)

عَلَّمَ الْقُرْاٰ نَ ۗ 
'allamal-qur`aan

"Yang telah mengajarkan Al-Qur'an."
(QS. Ar-Rahman 55: Ayat 2)

خَلَقَ الْاِ نْسَا نَ ۙ
kholaqol-insaan

"Dia menciptakan manusia,"
(QS. Ar-Rahman 55: Ayat 3)

عَلَّمَهُ الْبَيَا نَ
'allamahul-bayaan

"mengajarnya pandai berbicara."
(QS. Ar-Rahman 55: Ayat 4)

اَلشَّمْسُ وَا لْقَمَرُ بِحُسْبَا نٍ ۙ
asy-syamsu wal-qomaru bihusbaan

"Matahari dan bulan beredar menurut perhitungan,"
(QS. Ar-Rahman 55: Ayat 5)

Tajwid surat Ar Rahman ayat 1

اَلرَّ
Hukum tajwid diatas adalah alif lam syamsiyah, karena ada alif lam menghadapi huruf syamsiyah yaitu ra, tandanya ada tasydid, selain itu huruf ra dibaca tafkhim (tebal) karena berharakat fathah.
رَّحْمٰنُ
Ini nama hukumnya adalah mad 'aridl lissukun bila waqaf (berhenti), karena ada mad ashli menghadapi huruf hidup, kemudian bacaannya waqaf. Sedangkan bila washal atau disambung namanya adalah mad ashli/mad thabi'i. Panjang mad 'aridl lissukun antara 2-6 harakat.

Tajwid surat Ar Rahman ayat 2

عَلَّمَ الْ
Pada kata diatas namanya adalah alif lam qomariyah, karena ada alif lam menghadapi huruf qomari. Tandanya ada sukun diatas huruf lam.
قُرْاٰ نَ ۗ 
Ini juga namanya mad 'aridl lissukun, sama seperti pada ayat pertama.

Tajwid surat Ar Rahman ayat 3

خَلَقَ الْاِ
Ini namanya adalah alif lam qomariyah, tanda untuk mengingatnya adalah adanya sukun diatas huruf lam alif.
اِ نْسَا نَ ۙ
Pada kata diatas ada 2 hukum, yaitu ikhfa dan mad 'aridl lissukun. Ikhfa disini terjadi karena ada nun mati bertemu dengan huruf sin. Bacaan ikhfa itu samar. Maksudnya huruf nun nya tidak terdengar jelas tetapi seperti bunyi "ng".

Tajwid surat Ar Rahman ayat 4

عَلَّمَهُ الْبَ
Ini adalah alif lam qomariyah.
بَيَا نَ
Ini adalah mad 'aridl lissukun.

Tajwid surat Ar Rahman ayat 5

اَلشَّمْسُ
Pada kata diatas ada 2 hukum, yaitu alif lam syamsiyah dan idzhar syafawi. Alif lam syamsiyah tandanya ada tasydid diatas huruf setelah alif lam. Ketika dibaca huruf lam nya tidak tampak.
Idzhar syafawi disini terjadi karena adanya mim mati (sukun) menghadapi huruf sin, ketika dibaca huruf mim nya harus jelas (tidak boleh dengung).
وَا لْقَمَرُ
Ini adalah alif lam qomariyah.
بِحُسْبَا نٍ ۙ
Ini adalah mad 'aridl lissukun.


youtube image


Demikianlah penjelasan hukum tajwid surat Ar Rahman ayat 1-5, semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Tahsin.id - Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin.id

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.