Skip to main content

Hapus aplikasi android berbahaya sebelum terlambat

Konten [Tampil]
Aplikasi android tidak semuanya aman bagi ponsel kita. Sebelum memasang perlu diteliti terlebih dahulu apa saja yang diakses dari ponsel kita.




Aplikasi android berbahaya.

Ada beberapa aplikasi android yang berbahaya, mereka dapat mengambil data-data yang tersimpan dalam ponsel kita.

Menurut laporan terbaru VPNPro, terdapat 24 aplikasi yang berbahaya terkait dengan perusahaan China bernama Shenzhen HAWK yang diduga mengandung malware berbahaya dan mencuri data atau menghujani perangkat dengan banyak iklan.

"Penelitian kami menemukan mereka meminta banyak izin berbahaya yang membuat privasi data pengguna berbahaya," ujar peneliti VPNPro Jan Youngren, seperti dilansir dari miror.uk
Intinya aplikasi ini meminta izin di luar fungsinya. Contohnya aplikasi antivirus yang meminta akses ke kamera. Padahal antivirus tidak butuh kamera, yang sesungguhnya dilakukan aplikasi ini memindai ponsel di korban.

Ada lagi aplikasi prediksi cuaca yang mengumpulkan data pengguna dan mengirimnya ke server di China. Lainnya aplikasi kamera meminta izin seperti data lokasi yang sangat lengkap, kamera, membaca penyimpanan eksternal, membaca log ponsel, dan akses lain yang tidak ada hubungannya dengan untuk menjalankan aplikasi.

"Permintaan izin berbahaya ini termasuk kemampuan untuk melakukan panggilan telepon, mengambil gambar dan merekam video, audio dan banyak lagi," tulis laporan tersebut

Berikut daftar aplikasi android yang berbahaya yang dinilai melakukan pelanggaran privasi dan tidak melakukan fungsinya.

  1. Sound Recorder (download 100 juta kali)
  2. Super Cleaner (download 100 juta kali)
  3. Virus Cleaner 2019 (download 100 juta kali)
  4. File Manager (download 50 juta kali)
  5. Joy Launcher (download 10 juta kali)
  6. Turbo Browser (download 10 juta kali)
  7. Weather Forecast (download 10 juta kali)
  8. Candy Selfie Camera (download 10 juta kali)
  9. Hi VPN, Free VPN (download 10 juta kali)
  10. Candy Gallery (download 10 juta kali)
  11. Calendar Lite (download 5 juta kali)
  12. Super Battery (download 5 juta kali)
  13. Hi Security 2019 (download 5 juta kali
  14. Net Master (download 5 juta kali)
  15. Puzzle Box (download 1 juta kali)
  16. Private Browser (download 500 ribu kali)
  17. Hi VPN Pro (download 500 ribu kali)
  18. World Zoo (download 100 ribu kali)
  19. World Crossy! (download 100 ribu kali)
  20. Soccer Pinball (download10 ribu kali)
  21. Dig It (download 10 ribu kali)
  22. Laser Break (download 10 ribu kali)
  23. Music Roam (download 1.000 kali)
  24. Word Crush (download 50 kali).
Itulah aplikasi android yang berbahaya bagi ponsel kita.
Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Tahsin.id - Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin.id

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.