Skip to main content

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Desain Blog

Gambar dari Danforblog.com
Desain blog merupakan pencerminan kepribadian dari pemilik blog. Melalui desain yang baik, sebuah blog atau website akan mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya.

Hal ini tidak terlepas dari layout dan fasilitas untuk kenyamanan pengunjung ketika berselancar di blog kita. Selanjutnya tampilan ini juga akan berpengaruh pada penilaian pengunjung terhadap blog yang dikelola.

Bahkan tidak menutup kemungkinan pengunjung betah berlama-lama ketika berada di blog kita. Oh ya sebealumnya saya pernah memposting artikel Desain Buruk Menghancurkan Blog.

Kekeliruan dari over desain kebanyakan penyebabnya sangat sederhana. Hal ini karena pemikiran dan ketidak-puasan dengan tampilan blog. Mungkin kita harus mengurangi keliaran berpikir dalam penerapan desain blog.

Karena blog bukan tempat eksekusi ide dan pemerkosaan khayalan. Oleh karena itu kita harus berpikir alami. Masalah mencari keuntungan melalui blog, itu sah-sah saja. Tapi ingat jangan sampai kinerja pemenuhan kebutuhan dalam blogging membunuh blog itu sendiri.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai desain blog, terlebih dahulu saya tegaskan bahwa tidak ada jaminan layout terbaik akan menjadi nomor satu dalam hasil pencarian. Semua tergantung kinerja yang dilakukan dan strategi yang diterapkan.

Namun saya juga mengingatkan bahwa, desain itu penting. Karena kita menulis bukan untuk mesin pencari atau penghasilan super besar, namun kita menulis untuk berbagi kepada pengunjung.

Oleh karena itu penting membuat pengunjung nyaman dengan desain yang indah dan kemudahan dengan fasilitas yang disediakan. Nah, di artikel ini akan saya jelaskan mengenai Bagaimana desain blog yang baik untuk pengunjung dan SEO. Check this out...

1. Hindari Kerumitan Desain

Kerumitan desain tampilan (layout) suatu blog akan menyebabkan pengunjung gerah dan tidak betah berlama-lama di blog anda, Kerumitan itu biasanya karena tidak tersedianya navigasi serta tidak terpasangnya beberapa widget penting.

Selanjutnya, hindari juga pemasangan widget yang tidak perlu, seperti jam, kalender, dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindari beratnya blog saat diloading. Ingat! blog itu seperti rumah. Banyaknya perabot bukan berarti kaya, namun pemborosan.

2. Hindari pemasangan iklan terlalu banyak

Banyaknya iklan pada blog anda akan membuat pengunjung bosan. Bisa juga anda dianggap hanya mementingkan uang dari tujuan berbagi ilmu atau info melalui blog. Mungkin kita berpikir bahwa banyaknya iklan yang terpasang akan menguntungkan.

Namun kita juga harus berpikir kalau hal tersebut belum tentu disenangi pengunjung. Karena pengunjung datang bukan untuk membaca atau meng-click iklan, tapi membaca artikel yang disuguhkan. 

3. Hindari penggunaan elemen javascript terlalu banyak

Teks harus lebih banyak dari html dan javascript. Anda harus memperhatikan artikel ketimbang memasang script yang tidak perlu. Kadang kebanyakan html dan javascript malah membuat script itu tidak berfungsi dengan baik, bahkan bisa gagal total.

Selain itu, akan membuat blog susah di-loading dan tidak baik dalam layout. Kalau sudah begini tinggal tunggu kehancuran blog anda di mata search engine. Hindari iklan jika memungkinkan.
Karena sebagian besar iklan menggunakan javascript yang tidak disarankan sama sekali.

Kalau mau pasang iklan juga, bikin blog bisnis tersendiri untuk pemaksimalan kerja anda. Kalau anda membutuhkan javascript, pastikan menyertakan link teks pada javascript tersebut.

4. Hindari penggunaan gambar terlalu banyak pada posting

Penggunaan gambar terlalu banyak akan mengurangi kenyamanan pengunjung ketika membaca artikel. Sesuaikan saja dengan banyaknya teks pada posting anda. Hal ini untuk kenyamanan desain halaman posting.

Pengunjung bukan ingin melihat gambar saja, tapi juga penjelasan mendasar dari apa ditulis. Gunakan alt dan title tag dalam gambar agar terindeks mesin pencari. Ingat! jangan sampai menggunakan gambar melebihi teks, karena blog anda bukan album keluarga.

5. Hindari penggunaan warna yang tajam

Warna yang tajam akan membuat meta sakit. Jangan sampai karena warna yang sangat tajamakan membuat pengunjung menjadi bosan berada di blog anda.

Kadang ada juga blog dengan desain warna yang sebenarnya tidak nyambung, namun tetap dipaksakan. Akhirnya komposisi warna membuat desain blog yang bagus menjadi berantakan dan hancur di mata pengunjung.

Ingat! blog anda bukan tempat pesta atau acara ulang tahun anak kecil yang biasanya dihiasi aksesoris dengan warna warni dan gemerlap.

Jangan lewatkan : Daftar Situs Freelancer Indonesia Untuk Mendapatkan Income Tambahan

Penutup

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai Hal yang perlu diperhatikan dalam desain blog, untuk kebaikan para pengunjung serta berpengaruh cukup besar terhadap SEO. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan terima kasih.
Postingan ini dikirim oleh:
Photo

"Blogger Pemula, Pecinta Teknologi dan Dunia Seni. Suka Menulis, Merangkai Puisi dan Bermain Gitar."

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Tahsin.id - Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin.id

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.