Skip to main content

7 Makanan yang Menjadi Pantangan Penderita Asam Urat

Hindari 7 Makanan ini jika Anda Penderita Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang bagian persendian. Seseorang yang menderita penyakit asam urat akan merasakan rasa sakit dan bengkak pada bagian persendian. Umumnya asam urat menyerang kaki, tangan, dan juga tulang belakang. Penyakit ini dapat menyerang siapapun, jadi anda harus benar-benar mewaspadainya.




Penderita asam urat harus menjaga pola hidupnya dengan begitu baik.

Tidak bisa makan dan minum sembarangan, karena bisa saja semakin memperparah gangguan penyakit tersebut. Anda perlu menghindari beberapa makanan berikut ini untuk meminimalisir terserang penyakit asam urat. Apa saja makanan tersebut?

1. Jeroan

Jeroan memang menjadi musuh paling utama bagi penderita asam urat. Alasannya, makanan yang satu ini mengandung purin yang sangat tinggi. Dan purin inilah yang menjadi salah satu pemicu munculnya asam urat. Pada hati ayam, terkandung hingga 243 mg purin untuk 100 gram saja. Untuk itu makanan jeroan seperti hati, ginjal, jantung, babat, usus, otak, limpa dan paru harus anda hindari.



2. Bayam

Mungkin anda tidak menyangka sebelumnya. Padahal sayuran yang satu ini mengandung banyak sekali kandungan vitamin, zat besi, dan Beta karoten yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun sayangnya bayam mengandung purin yang sangat tinggi. Berdasarkan data dari AcuMedico, bayam memiliki 57 gram purin untuk setiap 100 gramnya.

3. Kembang Kol

Sama seperti bayam, sejatinya kembang kol menjadi sayuran kaya vitamin dan berbagai zat gizi lainnya. Namun sayangnya, sayuran yang satu ini tidak diperuntukkan untuk penderita Gangguan asam urat. Alasannya masih sama, dalam kembang kol terdapat kandungan purin yang tinggi sebesar yakni 51 gram per 100 gramnya.

4. Daging Merah

Saat menderita asam urat, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi daging merah terlebih dahulu. Baik itu daging sapi, daging kambing, ataupun daging domba. Sebab kandungan purin pada daging merah juga tergolong tinggi. Menurut hasil penelitian dari Biological and Pharmaceutical membuktikan bahwa daging mentah mengandung lebih dari 100 miligram purin per 100 gram daging merah. Sebagai alternatif, anda bisa Mengkonsumsi daging ayam saja yang masih diperbolehkan untuk penderita asam urat. 

5. Alkohol

Jangan mengkonsumsi alkohol jika anda sedang mengalami masalah pada asam urat. Sudah banyak penelitian yang membuktikan tentang bahaya minum alkohol yang menyebabkan seseorang bisa terserang berbagai penyakit, termasuk salah satunya adalah asam urat. Bir merupakan salah satu minuman beralkohol yang dapat meningkatkan resiko terserangnya asam urat. Jadi, kurangilah minum minuman beralkohol.



6. Makanan Berlemak

Makanan berlemak itu rasanya enak dan bisa bikin kenyang. Namun sayangnya makanan ini kurang bagus bagi kesehatan tubuh. Selain beresiko tinggi terhadap pengidap penyakit kolesterol, makanan berlemak juga tidak baik bagi pengidap asam urat. Menurut Arthritis Foundation, makanan berlemak adalah simbol pemicu berat badan bertambah dan resiko asam urat semakin meningkat.

7. Minuman Manis

Minuman manis seperti soda yang mengandung fruktosa tinggi juga tidak bagus dikonsumsi penderita asam urat. Hal ini dikarenakan kandungan purin pada minuman tersebut tergolong cukup tinggi. Berdasarkan penelitian dari BMJ Open, seseorang yang mengkonsumsi minuman bersoda dan dibuat dengan sirup jagung fruktosa berisiko tinggi mengalami asam urat. Jadi, anda perlu untuk mewaspadai dan mengurangi kebiasaan minum minuman seperti itu.

Mulai saat ini, jagalah pola makan dan minum anda. Jika anda mengurangi jumlah konsumsi kelima makanan tersebut, insyaallah resiko untuk terserang gangguan Penyakit gout paling tidak bisa diminimalisir. Sekian dan jaga selalu kesehatan anda!

Postingan ini dikirim oleh:
Photo


Content writer, suka nulis dan makan sate ayam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Tahsin.id - Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin.id

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.