Skip to main content

Tips Digital Marketing ala Millenial


Digital Marketing adalah suatu cara  memasarkan atau mempromosikan suatu produk dan usaha menggunakan konten-konten digital melalui media internet. Cara ini menjadi daya tarik tersendiri akhir-akhir ini dalam bidang usaha terutama bisnis online.

Pangsa pasar bisnis ini merupakan gebrakan terbaru pada era millenium dengan hadirnya berbagai sarana dan prasarana pendukungnya. Bisnis online mendorong generasi millenial membuat produk-produk kreatif untuk dijual melalui bisnis online bagi konsumen lokal hingga ke mancanegara.
Untuk bersaing dengan pebisnis lain maka harus dikuasai tips digital marketing yang jitu.   

Kemajuan dunia Informasi Teknologi (IT) adalah salah satu pemicu menjamurnya bisnis online. Begitu pesat perkembangannya membuat berbagai informasi dapat diperbaharui dalam hitungan detik dari seluruh penjuru dunia.

Coba kita bayangkan sepuluh tahun ke belakang. Bidang IT belum secanggih seperti sekarang ini. 

Pada masa itu Handphone pintar merupakan barang mewah yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja.

Layanan jaringan internet pun masih sedikit  dan biayanyapun tidak murah. Operator seluler belum begitu fokus memberikan layanan internet karena masih kurang sarana yang mendukungnya itu tadi.

Pengalaman saya pribadi sebagai pegiat dalam dunia desain dan percetakan sangat terasa sekali perkembangannya. 

Apabila dulu  mengirim contoh gambar pesanan klien sebelum disetujui harus mengirimnya melalui email yang hanya bisa diakses melalui komputer di warnet.

Ada kalanya warnetnya penuh dan tempatnya tidak nyaman pula.

Atau bisa juga mengirim contoh gambar melalui layanan MMS (Multimedia Message Service), tetapi pada masa itu tidak semua orang mempunyai HP yang support MMS, jadi ini merupakan suatu kendala besar dalam pengiriman sebuah file, sehingga proses pengerjaan menjadi tertunda.

Lain dulu lain sekarang, pada era millenium ini, mengirim file apapun sudah bisa dilakukan melalui smartphone. Karena kebanyakan orang sudah mempunyai gadget pintar ini.

Hanya sekali klik dan tap melalui jari tangan, dalam hitungan detik file sudah sampai kepada klien kita. 

Begitu canggihnya Informasi Teknologi, seakan dunia berada dalam genggaman tangan.

Kembali ke pembahasan artikel ini, tips #digitalmarketing ala millenial bisa dibuat dengan berbagai cara. Bisa melalui sebuah banner digital, video, atau gambar poster.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum membuat sebuah konten digital sebagai bahan digital marketing.

Berikut ini adalah poin-poin penting yang harus disiapkan:
1. Jenis usaha atau produk.
2. Target pasar.
3. Model konten digital.
4. Bahan atau materi konten.
5. Ide dan kreatifitas.
6. Tuntutan konsumen.
7. Media Berbagi Konten.
8. Blog sebagai media digital marketing.

1. Jenis Usaha atau produk.
Sebelum membuat konten atau iklan, harus diketahui dahulu usaha apa yang akan dipromosikan. Apakah dalam bentuk barang, jasa atau usaha lainnya. Hal ini merupakan dasar ide dalam pembuatan sebuah konten digital.



2. Target Pasar.
Langkah berikutnya adalah target pasar yang akan kita bidik dari produk yang akan dipromosikan.
Kenapa ini menjadi poin penting dalam membuat sebuah iklan?
Yup, karena mempromosikan kepada orang tua dan anak muda tentu bahasa yang disampaikan pasti berbeda, harus sesuai dengan gaya bahasa mereka juga. Dalam hal ini bisa kita lihat contoh iklan karya orang lain sebagai acuan dalam membuat sebuah konten digital.

3. Model Konten Digital.
Model konten digital yang bisa kita buat bisa dalam beberapa beberapa bentuk. Contoh dengan banner digital, poster, video.
Banner untuk konten proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan banner yang dipasang secara langsung (outdoor). Yang berbeda adalah cara pemasangan atau penempatannya saja.
Banner digital bisa dibuat menggunakan software pengolah gambar dengan CorelDraw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan sebagainya melalui PC atau Laptop.
Bila menggunakan smartphone, bisa diunduh berbagai aplikasi pengolah gambar yang sudah banyak tersedia di Google Play Store atau App Store.

4. Bahan atau materi Konten Digital.
Sebelum memulai pembuatan konten digital, siapkan dahulu foto atau video produk yang akan dipromosikan. Caranya dengan mengambil foto dan video dari produk atau usaha tersebut.
Bisa juga dengan mengunduhnya pada situs gratis penyedia konten yang dibutuhkan.



5. Ide dan kreatifitas.
Poin ini adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang dalam membuat sebuah konten hasil dari gagasan-gagasan yang akan dituangkan ke dalam karya digital.
Diperlukan latihan yang sungguh-sungguh dan perbandingan dengan hasil karya orang lain yang sudah beredar melalui internet.

6. Tuntutan Konsumen.
Tuntutan atau keinginan konsumen sangat perlu diperhatikan, supaya konten digital yang kita buat dapat memenuhi target yang tepat sasaran.
Poin ini bisa kita pelajari dengan melihat contoh konten digital hasil karya orang lain yang banyak diminati oleh konsumen.



7. Media Berbagi Konten Digital.
Media untuk membagikan konten yang sudah dibuat banyak sekali ragamnya. Dunia Medsos adalah media yang paling tepat untuk membagikan konten sebagai sarana Digital Marketing.
Pilihlah Media Sosial yang banyak penggunanya. Misalnya Facebook, Instagram, Twitter, Website/Blogg. 
Bila ingin target tepat sasaran bisa dibagikan melalui email dan Whatssap measenger. Tetapi perlu diperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku agar tidak merugikan pihak lain.



8. Blog sebagai media digital marketing
Bagi anda yang mempunyai hobi menulis,  boleh dicoba digital marketing melalui blog pribadi, keuntungannya kita bisa memperoleh pendapatan yang menjanjikan bila serius digeluti. 
Blog merupakan sebuah website sederhana yang bisa dikelola sangat mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal.
Dengan hanya berbekal smartphone dan jaringan internet kita sudah bisa membuat sebuah blog.

Ada 2 platform blog yang sudah dikenal dalam dunia internet.
Blogspot dan wordpress merupakan basis blogger yang bisa digunakan untuk mencoba membuat blog pribadi. Karena kedua platform ini memberikan layanan gratis.

Pengalaman saya sebagai blogger, aktivitas dunia blogger sangat mengasyikkan, karena bisa menuangkan ide-ide kreatif melalui tulisan dan bisa menghasilkan pendapatan. Serta dapat mengedit tampilan sesuai selera kita.

Untuk digital marketing, blog merupakan pilihan alternatif yang membutuhkan waktu tidak sebentar, karena untuk memperkenalkan blog baru kepada pengguna internet tidak semudah membalikkan telapak tangan. Memperkenalkan digital marketing melalui jejaring media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya jauh lebih mudah dibandingkan digital marketing melalui blog.

Salah satu bukti bila sebuah blog sudah dikenal luas dapat dilihat dari jumlah pengunjung setiap harinya.
Untuk menaikkan pengunjung blog, kita harus konsisten dalam membuat artikel yang menarik dan bermanfaat.

Bila blog kita sudah cukup terkenal, bisa dipromosikan kepada pembaca bahwa blog yang kita kelola menerima kerjasama dalam digital marketing.

Usahakan blog sudah menggunakan domain TLD (Top Level Domain) misalnya .com .id .net .site .online dan sebagainya. Sehingga pembaca akan percaya bahwa blog yang kita kelola sudah profesional. Sebagai blogger tentu kita mencari #domainmurah untuk mengurangi anggaran pengeluaran setiap tahunnya.

Setiap bulan ada promo Domain Gratis, jadi kita harus sering mengunjungi situs-situs penjual layanan domain dan hosting, bila beruntung kita dapat memperoleh domain yang kita inginkan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. 

Sebagai blogger, saya menggunakan jasa penyedia domain TLD pada sebuah perusahaan penyedia layanan #hostingterbaik khususnya #hostingindonesia dan domain yang cukup terkenal di Indonesia.
Selain mudah dalam penggunaannya, layanan dan costumer servicenya sangat memuaskan.

Sudah beberapa kali saya membeli domain kepada beberapa perusahaan penyedia jasa ini, akhirnya pilihan terakhir jatuh pada #Domainesia.
Ya karena berbagai alasan tadi dan stabilitas blog saya tetap terjaga. 

Untuk penyimpanan data pelengkap blog bisa menggunakan jasa layanan hosting yang terpercaya.

Flatform blog yang saya pergunakan adalah blogspot, jadi untuk sementara tidak menggunakan hosting, cukup menggunakan hosting gratis yang disediakan oleh google.

Tapi tidak menutup kemungkinan waktu yang akan datang pasti membutuhkan hosting, #hostingmurah tentunya adalah target utama saya. Ya karena sebagai blogger kita harus pandai mengatur dana dalam memilih jasa domain dan hosting murah tapi kualitas serta keamanannya terjamin.  

Masih banyak layanan yang ditawarkan oleh Domainesia dengan harga yang terjangkau oleh para blogger.
Sebelumnya kita harus daftar terlebih dahulu untuk bisa membeli layanan yang disediakan. Untuk VPS murah bisa anda beli di www.domainesia.com/vm

Sebagai blogger, usahakan selalu update artikel, harus konsisten dan menarik, ini demi tetap stabilnya pengunjung blog.

Itulah tips Digital Marketing ala millenial, semoga bermanfaat.

#lombablogdomainesia #lombaseo #lombablog2019, #lombaseo2019


By:
Photo

Saya seorang blogger muslim.
Materi Tajwid Tajwid Al Quran Juz 30 Sejarah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.


Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin Online

Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.