Skip to main content

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak >> Anak adalah investasi terbesar dalam kehidupan setiap keluarga. Semua orang tua mengharapkan anak-anaknya menjadi orang yang sukses sehingga akan menjadi kebanggaan keluarga dan bisa menolong mereka ketika sudah berusia senja.
Dengan sekuat tenaga akan berupaya mengerahkan segala kemampuannya untuk selalu menjaga mereka, baik dari segi kesehatan fisik, mental, spiritual, juga dari segi pendidikannya. Pendidikan merupakan salah satu modal utama yang sangat besar bagi masa depan anak-anak.
Dengan berbekal pengetahuan dan keahlian yang cukup diharapkan mereka sanggup bersaing dan tangguh dalam menjalani kerasnya persaingan  dalam kehidupan  di era globalisasi seperti sekarang ini. Bekal pengetahuan dapat diperoleh dari mana saja, bisa dari pendidikan formal ataupun pendidikan non formal seperti mengikuti kursus-kursus keahlian. 

Era millenial seperti sekarang ini setiap anak dituntut untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya baik laki-laki maupun perempuan. Sudah tidak masanya lagi cukup lulus sampai Sekolah Menengah Atas saja, karena lapangan pekerjaan pada masa ini kebanyakan membutuhkan lulusan minimal S1. Lulusan SMA pun memang dibutuhkan, tetapi dari segi tingkatan dan kesejahteraan pasti akan jauh dibandingkan dengan lulusan S1.
Banyak orang tua yang mengeluhkan dengan mahalnya biaya pendidikan pada jaman sekarang ini. Ditambah lagi persaingan yang ketat untuk masuk ke sekolah atau perguruan tinggi negeri.
Tidak bisa dipungkiri lagi, biaya  pendidikan untuk mencapai hal diatas tidaklah sedikit, apalagi bagi sebagian orang yang berpenghasilan kecil. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menabungnya sehingga terkumpul biaya yang mencukupi. Ditambah lagi dengan kebutuhan keluarga yang setiap bulannya selalu bertambah, belum termasuk biaya yang tidak terduga seperti ada anggota yang terkena sakit atau mengalami kecelakaan. Dibutuhkan solusi atau jalan keluarnya yang jitu.
Kita perlu mencari solusi yang tepat supaya mampu memberikan pendidikan yang tinggi bagi anak-anak disesuaikan dengan pendapatan bulanan keluarga.
Ada solusi yang tepat untuk memperoleh pendidikan anak ke jenjang yang lebih tinggi.
Dengan penghasilan yang kecil siapa saja akan mampu mengantarkan anak-anak mereka mendapatkan gelar minimal S1, bahkan bisa lebih tinggi lagi. 
Apa itu solusinya? 
Kita bisa ikut pada salah satu Asuransi Pendidikan atau Jaminan Pendidikan Anak dengan Asuransi Pendidikan, ya dengan Jaminan Pendidikan ini anak akan terlindungi dari tingginya biaya di masa yang akan datang. Dengan memilih salah satu perusahaan Asuransi yang menyediakan Jaminan Pendidikan Anak, biaya yang mahal akan tertutupi, sehingga semua orang tua tidak perlu khawatir lagi memikirkan biaya pendidikan anak-anaknya. 
Sekarang banyak sekali jasa asuransi yang menawarkan berbagai macam layanan dari mulai asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi jiwa, dan lain sebagainya.
Sebagai kepala keluarga yang bijak sebelum memutuskan untuk memilih perusahaan asuransi pendidikan, alangkah baiknya mengetahui tips-tipsnya supaya tidak salah dalam memilih.
Berikut ini adalah tips memilih Asuransi Pendidikan untuk anak-anak tercinta.
Silahkan dibaca dengan teliti.

>> Cek Legal tidaknya Perusahaan Asuransi.
Kelegalan atau resmi tidaknya satu perusahaan asuransi menjadi hal yang sangat penting dalam pilihan kita. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena salah memilih, hanya karena di iming-imingi harga yang murah tetapi tidak diperiksa dulu kelegalannya, kemudian lantas kita memilihnya. Sebaiknya diperhatikan beberapa poin dibawah ini untuk memeriksa suatu perusahaan asuransi itu resmi atau tidak:
- Periksa Surat Ijin Usaha.
- Periksa NPWP Perusahaan.
- Periksa Surat Keterangan Domisili Perusahaan.
- Periksa SK Menteri Kehakiman.
- Dan lain-lain.
Biasanya mereka pajang surat-surat ijin tersebut pada dinding kantor yang mudah dilihat oleh semua orang.

>> Periksa Alamat Kantor dan nomor kontak yang bisa dihubungi.
Sebelum memutuskan untuk memilih jasa asuransi pendidikan, harus diperiksa dahulu alamat kantornya bila memungkinkan datangi langsung kantor pusatnya. Bisa juga dengan membuka websitenya, atau mendatangi cabang terdekat dari tempat tinggal. Coba telepon layanan konsumennya untuk sedikit bertanya dan memastikan bahwa asuransi tersebut memang ada bukan perusahaan fiktif. Dengan maraknya asuransi pendidikan sekarang ini bisa dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mengambil keuntungan semata dari jalan yang tidak halal.

>> Periksa Kinerjanya.
Untuk memeriksa kinerja suatu perusahaann asuransi pendidikan bisa kita lihat melalui website resminya. Disitu ditampilkan mulai dari profil perusahaan yang mencakup tahun pendirian, visi-misinya, syarat-syarat menjadi nasabah, fasilitas yang ditawarkan, cabang-cabang yang sudah tersebar di seluruh kota besar di Indonesia, dokumentasi foto atau testimoni dari para nasabah pemakai jasa perusahaan tersebut.

>> Hati-hati dengan harga yang murah.
Semua orang pasti akan tergiur apabila melihat asuransi dengan harga yang relatif murah. Eits... jangan mudah percaya dulu, karena dengan harga yang murah belum tentu mendapatkan fasilitas layanan yang kita butuhkan. Bisa saja mereka menawarkan harga yang murah demi mendapatkan keuntungan semata. Intinya kita harus selalu hati-hati.

>> Periksa Layanan yang disediakan.
Ketika kita mau mendaftarkan diri pada suatu perusahaan asuransi pendidikan, akan ditawarkan berbagai layanan yang bisa kita pilih sesuai dengan kemampuan calon nasabahnya. Harap diperhatikan pada poin ini, karena sistemnya akan berjalan cukup lama. Jangan sampai di tengah jalan tiba-tiba terhenti karena tidak mampu meneruskan. Mohon dicatat dan dihitung dengan teliti supaya kewajiban kita bisa terpenuhi.

>> Periksa cara pembayarannya.
Ini juga menjadi poin yang sangat penting dalam memilih perusahaan Asuransi Pendidikan, suatu perusahaan yang legal mempunyai nomor rekening atas nama perusahaan bukan atas nama perorangan. Jadi kita harus waspada lagi ya... jangan sampai tertipu. 

>> Fasilitas tambahan.
Sebagai orang Indonesia kita akan selalu senang bila mendengar kata bonus atau diskon, ya karena tidak dipungkiri dengan adanya bonus, maka akan mengurangi biaya yang kita bayarkan selanjutnya. Tanyakan kepada layanan konsumen ada tidaknya layanan tambahan seperti sudah disebutkan tadi.

>> Tanya Informasi kepada Teman.
Teman atau keluarga yang sudah pernah ikut asuransi pendidikan pasti mempunyai banyak informasi mengenai kelebihan dan kekurangan suatu perusahaan asuransi tersebut. Dengan pengalaman mereka, kita bisa menarik keputusan untuk memilih suatu asuransi pendidikan sesuai yang kita harapkan.

>> Hindari Asuransi dengan sistem MLM.
MLM atau Multi Level Marketing bisa saja dimanfaatkan sebagian orang dalam bidang Asuransi pendidikan. Calon Nasabah diberikan gambaran akan mendapatkan bonus dan harga yang murah apabila mengajak calon nasabah lain. Hindari Perusahaan Asuransi yang demikian. Karena mereka hanya mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya tanpa mengutamakan kualitas layanan dan kepentingan nasabah. Biasanya sistem MLM ini kepada calon nasabah diharuskan menyetorkan sejumlah uang dan mengajak orang lain untuk ikut bergabung menjadi nasabah asuransi tersebut. 

Setelah membaca tips-tips diatas semoga bisa menjadikan pegangan bagi anda untuk memilih suatu perusahaan Asuransi Pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga nantinya biaya pendidikan anak-anak akan terjamin dan tercapai ke jenjang yang setinggi-tingginya.
Itulah beberapa tips dalam memilih Jaminan Pendidikan Anak dengan Asuransi Pendidikan. Sekarang keputusan ada di tangan anda.
Semoga bermanfaat.
By:
Photo
Saya seorang blogger muslim.
Info Internet Review
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.


Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin Online

Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.