Skip to main content

Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 17 dan Artinya

Tahsin Online - Membagikan pelajaran Ilmu Tajwid. Pada artikel ini akan diuraikan hukum tajwid surat Al Baqarah ayat 17 dan artinya. Sebelumnya sudah dibahas hukum tajwid surat Al Baqarah ayat 16 dan artinya.

مَثَلُهُمْ كَمَثَلِ الَّذِى اسْتَوْقَدَ نَارًا ۚ فَلَمَّاۤ اَضَآءَتْ مَا حَوْلَهٗ ذَهَبَ اللّٰهُ بِنُوْرِهِمْ وَتَرَكَهُمْ فِيْ ظُلُمٰتٍ لَّا يُبْصِرُوْنَ

Artinya: "Perumpamaan mereka seperti orang-orang yang menyalakan api, setelah menerangi sekelilingnya, Allah melenyapkan cahaya (yang menyinari) mereka dan membiarkan mereka dalam kegelapan, tidak dapat melihat." (QS. Al-Baqarah: Ayat 17)


مَثَلُهُمْ كَ
Ini nama hukumnya adalah Idz-har Syafawi, karena ada mim mati menghadapi huruf Kaf. Cara membacanya tidak boleh dengung.

كَمَثَلِ الَّذِى اسْتَوْ
Hukum tajwid pada kalimat diatas hanya ada 1, yaitu huruf lin atau haraf lin. Ini terjadi apabila ada huruf Wawu atau Ya disukun oleh huruf sebelumnya yang berharakat fathah.


قَدَ نَارًا ۚ 
Hukum tajwid pada kata diatas terdapat 2 mad, yaitu Mad Thobi'i dan Mad 'Iwadl. Mad Thobi'i karena ada huruf alif di fathah, sedangkan Mad 'Iwadl karena ada huruf Alif ditanwin fathah kemudian bacaannya diwaqofkan. Cara membacanya sama seperti dengan Mad Thobi'i yaitu dipanjangkan 1 alif atau 2 harakat.

فَلَمَّاۤ اَ
Hukum tajwid diatas adalah Mad Jaiz Munfashil. Karena ada mad thobi'i menghadapi huruf Alif pada kata yang lain, cara membacanya dipanjangkan boleh 2, 4 atau 5 harakat.

اَضَآءَتْ
Kata diatas nama tajwidnya adalah Mad Wajib Muttashil, karena ada Mad Thobi'i mengjadapi Hamzah pada 1 kata. Panjang Mad ini adalah 5 harakat.

مَا حَوْلَهٗ
Perhatikanlah kata diatas, disitu terdapat 3 hukum, yaitu Mad Thobi'i, Huruf Lin dan Mad Shilah Qoshiroh. Disini saya akan menjelaskan Mad shilah qoshiroh saja, karena yg lainnya sudah sering dijelaskan. Mad  iini terjadi karen ada Ha dlomir berharakat dlommah terbalik, dan di depannya tidak ada huruf Alif. Cara membacanya dipanjangkan 1 alif.

ذَهَبَ اللّٰهُ
Kata diatas nama tajwidnya adalah Tafkhim (tebal), karena lafazh Allah didahului oleh fathah.

بِنُوْرِهِمْ
Ini namanya adalah Mad Thobi'i.

هِمْ وَتَرَكَهُمْ فِ
Perhatikanlah kalimat diatas, disini terdapat 2 hukum, yaitu Idz-har Syafawi dan huruf Ra yang dibaca tafkhim (berharakat fathah).
Saya jelaskan Idz-har Syafawi disini karena ada Mim mati menghadapi huruf Wawu dan Fa. Cara membacanya tidak boleh didengungkan.

فِيْ ظُلُمٰتٍ
Pada kata diatas terdapat 1 hukum saja, yaitu Mad Thobi'i.

تٍ لَّا
Kata diatas ada 2 hukum yaitu Idghom Bila Ghunnah dan Mad Thobi'i. Idghom Bila Ghunnah disini terjadi karena ada tanwin (kasroh) enghadapi huruf Lam. Cara membacanya tidak boleh dengung.

يُبْصِرُوْنَ
Perhatikan kata terakhir ini, disitu ada 2 hukum tajwid, yaitu Qolqolah Sughro dan Mad 'Aridl Lissukun.
Qolqolah Sughro disini karena ada huruf Ba yang sukun asli, cara membacanya harus dipantulkan.
Mad 'Aridl Lissukun terjadi karena Mad Thobi'i menghadapi huruf hidup di depannya, kemudian bacaannya diwaqofkan. Panjangnya bisa 2, 4 atau 6 harakat.

Demikianlah uraian tajwid surat Al Baqarah ayat 17 dan artinya, semoga bermanfaat.
By:
Photo
Saya seorang blogger muslim.
Info Internet Review
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.


Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin Online

Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.