Hukum Tajwid Al Quran Surat At Tin ayat 1-8 lengkap dengan kandungan dan alasannya

Assalaamu’alaikum, Hallo Sobat Tahsin.ID pada artikel ini akan diuraikan hukum tajwid surat At Tin ayat 1-8.

At Tin artinya Buah Tin adalah nama surat dalam Kitab Suci Al Quran urutan nomor ke 95 setelah surat Al Insyirah.

Surat At Tin terdiri atas 8 ayat, termasuk golongan surat Makkiyah, sebab diturunkan di kota Mekkah.

Surat ini sering dibaca oleh imam shalat. Ketika melaksanakan shalat munfarid (sendiri) pun, surat ini kerap dibaca setelah Surat Al-Fatihah di rakaat pertama dan kedua.

Bahkan ketika shalat sunahpun surat ini menjadi pilihan untuk dibaca.

Jadi, sudah amat banyak dari kita yang mendengar bacaan dari Surat At-Tin ayat 1-8 tersebut.

Akan tetapi, tidak semua orang tahu dan memahami tentang hukum-hukum tajwid yang ada di dalamnya.

Maka untuk sobat Tahsin.ID yang belum mengetahui secara rinci hukum tajwid dari surat ini ada baiknya untuk meluangkan waktu belajar.

Yaitu dengan membaca hasil analisis hukum tajwid dari ayat 1-8 Surat At-Tin.

Apabila seseorang mengetahui ilmu tajwidnya maka akan sangat mudah untuk bisa tartil dalam membacanya.

At Tin artinya buah Tin yang sangat banyak khasiatnya terutama untuk kesehatan, selain itu sangat baik untuk dijadikan Produk Penjualan
baik online maupun offline.

Apa saja sih hukum tajwid di surat At Tin?

Silahkan baca artikel ini sampai selesai, dalam blog ini sudah diuraikan pula hukum bacaan surat Al Fatihah lengkap.

tajwid-surat-at-tin
tajwid-surat-at-tin


Tajwid surat At Tin ayat 1-8.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَالتِّيْنِوَالزَّيْتُوْنِ (١)

وَالتِّيْنِ

Disini ada 2 hukum, yaitu alif lam syamsiyah dan mad ashli, dinamakan alif lam syamsiyah bisa dilihat dengan adanya tanda alif lam dan tanda tasydid. Mad asli karena ada huruf ya dikasroh, panjangnya adalah1 alif atau 2 harakat.

وَالزَّيْتُوْنِ

Disini ada 3 hukum, yaitu alif lam syamsiyah, huruf lin dan mad ‘aridl lissukun bila waqof. Disebut alif lam syamsiyah bisa dilihat dengan adanya alif lam dan tasydid. Disebut huruf lin/haraf/harfu lin karena ada huruf ya yang disukun oleh huruf yang berharakat fatah. Huruf nya ada 2 yaitu wawu dan ya bila disukun oleh huruf yang berharakat fathah.

Dinamakan mad ‘aridl lissukun karena ada mad ashli menghadapi huruf hidup kemudian diwaqofkan, membacanya bisa 2-6 harakat. Sedangkan bila disambung ke ayat berikutnya namanya adalah mad ashli/mad thobi’i dengan panjang 1 alif atau 2 harakat.

Tajwid surat At Tin ayat 2

وَطُوْرِسِيْنِيْنَ (٢)

وَطُوْرِ

Mad ashli/mad Thobi’i dalam surat At Tin.

Ini adalah mad ashli karena ada huruf wawu didlommah, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat. Hurufnya ada 3 yaitu apabila alif difatah, ya dikasroh dan wawu didlommah.

سِيْنِيْنَ

Disini ada 2 hukum yaitu mad ashli dan mad ‘aridl lissukun bila waqof. Dinamakan mad ashli, karena ada huruf ya dikasroh, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat. Dinamakan mad ‘aridl lissukun karena ada mad ashli menghadapi huruf hidup kemudian membacanya diwaqofkan. Panjangnya adalah bisa dibaca 2-6 harakat.

Tajwid surat At Tin Ayat 3

وَهٰذَاالْبَلَدِالْأَمِيْنِ (٣)

وَهٰذَاالْبَلَدِالْ

Disini ada 2 hukum yaitu mad ashli dan alif lam qomariya. Dinamakan mad ashli, karena ada fatah berdiri, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat. Sedangkan alif lam qomariyah ada alif lam dan tanda sukun.

أَمِيْنِ

Ini adalah mad ‘aridl lissukun, karena ada mad ashli yang menghadapi huruf hidup kemudian membacanya diwaqofkan. Panjangnya adalah bisa 2-6 harakat.

Tajwid surat At Tin Ayat 4

لَقَدْخَلَقْنَاالْإِنْسَانَفِيْۤأَحْسَنِتَقْوِيْمٍ (٤)

لَقَدْخَلَقْنَاالْ

Disini ada 2 hukum, yaitu qolqolah sughro dan alif lam qomariyah. Dinamakan qolqolah sughro, karena ada huruf qolqolah yang disukun asli. Dinamakan alif lam qomariyah karena ada alif lam yang menghadapi huruf qomariyah, untuk memudahkan kita mengingatnya, alif lam qomariyah itu ditandai dengan adanya alif lam dan tanda sukun.

إِنْسَانَ

Disini ada 2 hukum, yaitu ikhfa dan mad ashli. Disebut ikhfa (samar), karena ada nun mati menghadapi huruf sin. Disebut mad ashli karena ada huruf alif difatah, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.

 فِيْۤأَحْسَنِ

Ini adalah mad jaiz munfashil, karena ada mad ashli menghadapi huruf hamzah pada kata yang lain, panjangnya adalah 2, 4, atau 5 harakat.

 تَقْوِيْمٍ

Ini adalah mad ‘aridl lissukun, karena ada mad ashli yang menghadapi huruf hidup kemudian membacanya diwaqofkan. Panj angnya adalah bisa 2-6 harakat.

Tajwid surat At Tin Ayat 5

ثُمَّرَدَدْنَاهُأَسْفَلَسَافِلِيْنَ (٥)

ثُمَّ

Ini adalah gunnah, karena ada huruf mim ditasydid. Cara membacanya dengan didengungkan kira-kira 2-3 harakat. Huruf gunnah ada 2 yaitu mim dan nun yang ditasydid.

رَدَدْنَاهُ

Disini ada 2 hukum, yaitu qolqolah sughro dan mad ashli. Qolqolah sughro, karena ada huruf qolqolah yang disukun asli. Mad ashli karena ada huruf alif difatah. Panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.

أَسْفَلَسَافِلِيْنَ

Disini ada 2 hukum, yaitu mad ashli dan mad ‘aridl lissukun. Disebut mad ashli, karena ada huruf alif difatash, mad ‘ridl lissukun karena ada mad ashli menghadapi huruf hidup yang diwaqofkan, panjangnya adalah 2, 4, atau 6 harakat.

Tajwid surat At Tin Ayat 6

إِلَّاالَّذِيْنَاٰمَنُوْاوَعَمِلُواالصَّالِحَاتِفَلَهُمْأَجْرٌغَيْرُمَمْنُونٍ (٦)

إِلَّاالَّذِيْنَ

Disini ada 1 hukum yaitu mad ashli, karena ada huruf ya dikasroh panjangnya adalah 1 alif atau 2 harkat. Sedangkan alif lam disini tidak termasuk ke dalam hukum alif lam.

اٰمَنُوْا

Disini ada 2 hukum mad, yaitu mad badal dan mad ashli. Dinamakan mad badal (pengganti) untuk memudahkan mrngingatnya adalah adanya  alif berharakat fatah berdiri, bisa juga alif dengan kasroh berdiri. Kedua adalah mad ashli, karena ada huruf wawu didlommah panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.

وَعَمِلُواالصَّ

Ini adalah alif lam syamsiyah, tandanya adalah ada alif lam dan tanda tasydid. Perlu diperhatikan sahabat Tahsin Online, sebelum alif lam ada huruf wawu didlommah, disitu bukan mad ashli, jadi membacanya tidak boleh panjang. Tapi langsung dimasukkan (diidghomkan ke huruf shod).

صَالِحَاتِ

Ini adalah mad ashli, karena ada huruf alif difatah. Panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.

فَلَهُمْأَ

Ini adalah idzhar syafawi, karena ada mim mati menghadapi huruf hamzah/alif. Membacanya tidak boleh dengung (huruf mim nya dibaca jelas).

أَجْرٌغَ

Disini ada 2 hukum, yaitu qolqolah sughro dan idzhar halqi. Qolqolah sughro karena ada huruf qolqolah yang disukun asli. Idzhar halqi karena ada tanwin menghadapi huruf ghoin/ghin. Cara mem

baca idzhar bunyi huruf nun nya harus jelas tidak boleh dengung.

غَيْرُ

Ini adalah huruf lin/haraf lin, karena ada huruf ya yang disukun oleh huruf berharakat fatah.

مَمْنُونٍ

Disini ada 2 hukum, yaitu idzhar syafawi dan mad ‘aridl lissukun. Idzhar syafawi karena ada mim mati menghadapi huruf mim. Mad ‘aridl lissukun karena ada mada ashli menhadapi huruf hidup, kemudian membacanya diwaqofkan. Panjangnya adalah 2, 4, atau 6 harakat.

Tajwid surat At Tin Ayat 7

فَمَايُكَذِّبُكَبَعْدُبِالدِّيْنِ (٧)

فَمَايُكَذِّبُكَبَعْدُ

Disini Cuma ada 1 hukum yaitu mad ashli, karena ada alif difatah panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat. Sedangkan huruf yang bertasydid membacanya dengan penekanan (dobel).

بِالدِّيْنِ

Disini ada 2 hukum, yaitu alif lam syamsiyah dan mad ‘aridl lissukun. Dinamakan alif lam syamsiyah dilihat dari tanda adanya alif lam dan tasydid. Dan mad ‘aridl lissukun karena adanya mad ashli menghadapi huruf hidup yang diwaqofkan (berhenti), panjangnya adalah 2, 4, atau 6 harakat.

Tajwid surat At Tin Ayat 8

أَلَيْسَاللّٰهُبِأَحْكَمِالْحَاكِمِيْنَ (٨)

أَلَيْسَاللّٰهُ

Disini ada 2 hukum, yaitu huruf lin dan tafkhim. Disebut huruf link arena ada huruf ya yang disukun oleh huruf yang berharakat fatah. Dan tafkhim/tebal karena ada lafadz ALLAH didahului oleh fatah. Lafadz ALLAH dibaca tafkhim apabila didahlui oleh huruf berharakat fatah atau dlommah.

بِأَحْكَمِالْ

Ini adalah alif lam qomariyah, karena ada alif lam dan tanda sukun.

حَاكِمِيْنَ

Disini ada 2 hukum mad, yaitu mad ashli dan mad ‘aridl lissukun. Mad ashli karena ada huruf alif difatah, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat. Dan mad ‘aridl lissukun karena ada mad ashli menghadapi huruf hidup yang membacanya diwaqofkan/berhenti, panjangnya adalah 2, 4, atau 6 harakat.

Demikianlah Tahsin Online menguraikan  hukum tajwid Al Quran surat At Tin ayat1-8 lengkap dengan penjelasannya, semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

youtube image

Tajwid surat At Tin versi dokumen (Pdf)

Download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

To Continue Video Access. Please open via Chrome browser