Skip to main content

Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 10 Lengkap dengan Artinya

Hukum tajwid dalam surat Al Baqarah ayat 10 adalah: Idgham mimi, Ikhfa haqiqi, Tafkhim, Iqlab, Mad thabi'i, Mad 'aridl lissukun dsb.

Daftar Isi [Tampil]

Assalaamu'alaikum, Hallo Sobat Tahsin.ID pada artikel ini akan diuraikan hukum Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 10 Lengkap dengan Artinya.

فِى قُلُوبِهِمْ مَّرَضٌ فَزَادَهُمُ اللَّهُ مَرَضًا ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌۢ بِمَا كَانُوا يَكْذِبُونَ

Artinya: "Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya itu; dan mereka mendapat azab yang pedih karena mereka berdusta."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 10)


tajwid-surat-al-baqarah-ayat-10
tajwid-surat-al-baqarah-ayat-10


فِى قُلُوبِهِمْ
Pada kata diatas terdapat 1 hukum tajwid, yaitu Mad Thobi'i atau Mad Ashli. Mad ini terjadi karena ada huruf Ya di kasroh dan huruf Wawu di dlommah.

Idgham mimi


بِهِمْ مَّرَضٌ
Hukum tajwid diatas namanya adalah Idghom Mimi, juga disebut Idghom Mutamatsilain.
Di dalam Ilmu Tajwid, Idghom Mimi termasuk ke dalam Hukum Mim mati atau Sukun.
Idghom Mimi terjadi karena adanya huruf Mim mati menghadapi huruf Mim. Cara membacanya harus didengungkan.

مَّرَضٌ فَ
Hukum tajwid diatas namanya adalah Ikhfa'. Pada Ikhfa' kali ini Tanwin menghadapi huruf Dlo. Cara membaca huruf Ikhfa' adalah dengan disamarkan.

فَزَادَ
Hukum tajwid diatas adalah Mad Ashli atau Mad Thobi'i.

Tafkhim


هُمُ اللَّهُ
Hukum tajwid pada kata diatas adalah Tafkhim (tebal), Tafkhim terjadi apabila lafazh Allah didahului oleh harakat fathah atau dlommah.

مَرَضًا ۖ
Hukum tajwid pada kata diatas adalah Mad 'Iwadl. Mad ini terjadi apabila ada huruf Alif berharakat Tanwin Fathah, kemudian bacaannya diwaqofkan. Cara membaca Mad 'Iwadl ini sama seperti Mad Thobi'i, yaitu dipanjangkan 1 alif atau 2 harakat.

Idzhar syafawi


وَلَهُمْ عَ
Hukum tajwid diatas adalah Idz-har Syafawi. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca Hukum Mim Mati atau Sukun.

عَذَابٌ
Ini nama hukumnya adalah Mad Thobi'i.

بٌ أَ
Hukum tajwid diatas adalah Idz-har Halqi, karena ada huruf Ba menghadapi huruf Alif, lebih lengkap mengenai Idz-har Halqi bisa dibaca pada artikel Hukum Nun Mati atau Tanwin.

 أَلِيمٌۢ
Hukum tajwid pada kata diatas adalah Mad Thobi'i.

Iqlab


 مٌۢ بِ
Hukum tajwid pada kata diatas namanya adalah Iqlab. Hukum ini masuk ke dalam Hukum Nun Mati atau Tanwin. Iqlab terjadi apabila ada Num mati atau Tanwin menghadapi huruf Ba. 
Cara membaca Iqlab adalah bunyi huruf Nun diganti menjadi Mim. Dalam penulisan mushaf Al Quran biasanya ditandai dengan adanya huruf Mim kecil.

بِمَا كَانُوا
Hukum tajwid pada kalimat diatas ada 1, yaitu Mad Thobi'i. Mad Thobi'i disini terjadi karena ada huruf Alif di fathah dan Wawu di dlommah.

Mad 'aridl lissukun



يَكْذِبُونَ
Hukum Tajwid pada kata diatas adalah Mad 'Aridl Lissukun. Mad ini terjadi apabila ada Mad Thobi'i menghadapi huruf hidup selain huruf Mad, kemudian bacaannya diwaqofkan. Panjang Mad 'Aridl Lissukun adalah bisa 2,4 atau 6 harakat.

Demikianlah uraian dari Hukum Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 10 Lengkap dengan Artinya.
Semoga bermanfaat.


Like and Subscribe

Tahsin.id on YouTube
YouTube
Subscribe
Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Donasi:
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk mengelola Tahsin.id.

Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar