Skip to main content

Pakai ASUS VivoBook Ultra A412DA Tugas Mengajar Menjadi Ringan


ASUS VivoBook Ultra A412DA - “The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook”
Kegiatan belajar mengajar adalah aktifitas rutin yang dilakukan oleh istri saya sebagai seorang guru. Tepatnya guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) di sebuah kota di Provinsi Banten. Setiap hari tidak ada kata lelah dalam dirinya untuk selalu mengajar anak-anak didiknya supaya menjadi generasi rabbani, generasi yang pintar, shaleh, bermartabat, berprestasi, beriman dan bertaqwa kepada Allah S.W.T.
Banyak ya cita-cita bu guru ini.
Ya... setiap guru dan orang tua tentunya mengharapkan anak-anaknya sesuai dengan harapan diatas tadi.

Tantangan bagi setiap guru pada era millenial sekarang ini, jauh lebih komplek dibandingkan dengan 10 atau 20 tahun yang lalu, apalagi untuk pendidikan tingkat dasar, dimana disitulah pondasi yang kuat seharusnya ditanamkan ke dalam jiwa setiap anak, supaya di masa yang akan datang mereka akan menjadi para pemuda-pemudi tangguh yang siap menghadapi kerasnya tantangan hidup yang harus dilalui. Menjadi harapan para pemimpin yang akan menggantikan kedudukannya demi kejayaan Indonesia.
Banyak sekali tantangan yang harus dikalahkan oleh para guru Sekolah Dasar untuk mengantarkan anak didiknya menjadi generasi penerus harapan bangsa.

Tantangan Guru di Era Millenial
Era millenial adalah jamannya serba digital, perkembangan teknologi yang begitu cepat tidak bisa dihindari lagi. Yang paling signifikan adalah perkembangan Informasi Teknologi. Fenomena ini ditandai dengan hadirnya ponsel pintar dan koneksi internet yang semakin mudah didapatkan. Efek yang didapatkan dari kemajuan Informasi Teknologi ini  merambah kepada semua kalangan, mulai dari balita yang baru belajar bicara hingga orang tua setiap hari tidak pernah lepas dari yang namanya ponsel pintar ini. Dengan fasilitas yang mudah didapatkan dan kurangnya pengawasan dari orang tua, kebanyakan anak-anak sekarang sudah melupakan tugas pokoknya yaitu belajar. Sebagian besar sisa waktunya dihabiskan hanya untuk bermain game, asyik bermedsos, nonton youtube, membuat vlog dan hal-hal lainnya yang kurang bermanfaat.

Metode Kreatif pemacu Anak Rajin Belajar.
Melihat begitu beratnya tantangan guru pada masa ini, maka setiap guru diharuskan membuat sistem pembelajaran yang menarik minat bagi anak didiknya. Jangan sampai mereka merasa bosan dan enggan ke sekolah karena masih asyik memainkan game kesukaan mereka. Dibutuhkan ide-ide kreatif yang bisa membangun semangat belajar mereka.
Era digital sudah kurang cocok bila sistem pembelajaran yang disampaikan para guru hanya mengandalkan media pembelajaran yang manual. Mereka perlu dibekali pula dengan pengetahuan dan keahlian dalam bidang Informasi Teknologi.

Laptop sebagai Alat Media Pembelajaran.
Media pembelajaran yang dirasa cukup menarik bagi para siswa adalah dengan media audio-visual. Guru menyampaikan pelajarannya melalui perangkat komputer (Laptop) yang disambungkan dengan infocus. Nah disinilah dituntut kreatifitas seorang guru untuk menyampaikan materi pembelajaran yang menarik tetapi tidak keluar dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Misalnya saja mereka membuat materi pembelajarannya dalam bentuk presentasi dengan power point. Atau memutar film perjuangan dan media lainnya yang bisa dicari melalui internet. Dengan berbagai animasi menarik dan efek suara yang lucu  bisa membuat anak-anak Sekolah Dasar ini tertarik untuk serius menyimak pelajaran yang disampaikan.

ASUS VivoBook Ultra A412DA Idaman Para Guru
Memahami kebutuhan para guru yang mempunyai mobilitas cukup tinggi, ASUS salah satu produsen perangkat komputer terkenal di dunia mengeluarkan produk terbarunya yang sangat tepat bagi para guru millenial. Laptop ini bernama ASUS VivoBook Ultra A412DA, yang dijuluki “The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook”, didesain sedemikian rupa sehingga menjadi laptop paling ringan di kelasnya dan menjadi idola para guru.



Prosesor dan Penyimpanan Data
Desain yang ringan tidak mengurangi performa laptop ini, ASUS VivoBook Ultra A412DA sudah dilengkapi dapur pacu keluaran terbaru dari AMD, yaitu prosesor AMD Ryzen 3 3200U dan AMD Ryzen 5 3500U yang dipasarkan di Indonesia. Ditanamkan pula didalamnya RAM 4GB/8GB DDR4, bila masih kurang sudah tersedia 1 slot untuk upgrade hingga 12 GB, untuk penyimpanan data sudah dilengkapi dengan ROM 1TB HDD, Sementara itu untuk kartu grafis menggunakan  Integrated Radeon Vega 3/Radeon Vega 8.

Baterai yang Tahan Lama
Sumber daya menggunakan baterai 37 WHrs. Sehingga laptop bisa dipakai satu hari penuh. Selain itu laptop ini sudah dilengkapi pula dengan fitur pengisian baterai super cepat. Hanya dengan waktu 49 menit mampu mengisi baterai 60% sehingga tidak butuh waktu yang lama dalam proses pengisiannya.



Fingerprint dan Windows Hello
Keamanan dan privasi sebuah laptop sangatlah penting, apalagi bagi seorang guru, di dalam laptoplah semua data siswa disimpan. Untuk mengatasi hal itu ASUS VivoBook Ultra A412DA sudah dilengkapi oleh sensor fingerprint, yaitu sistem login dengan pindaian sidik jari, jadi tidak perlu mengetik password untuk masuk ke sistem operasi. Disamping itu Laptop ini sudah dilengkapi pula dengan Windows Hello, fitur yang canggih untuk sistem keamanan perangkat, cukup dengan memindai wajah si pemilik, sehingga untuk masuk ke sistem operasipun menjadi semakin cepat. 



Konektifitas
Untuk konektifitas dengan perangkat lain, ASUS VivoBook Ultra A412DA sudah dilengkapi dengan USB 3.1, USB 2.0, HDMI, Audio Jack dan slot card reader MicroSD. Fitur lainnya yang tidak boleh ketinggalan adalah  HD Web Camera, Dual-band 802.11ac WiFi, Bluetooth 4.2, Sonic Master Audio Speaker dan Array Microphone.

Warna Millenial
Pilihan warna yang dihadirkan cukup menyedot perhatian pecinta gadget di Indonesia. Laptop ini menyediakan berbagai warna pilihan diantaranya Transparent Silver, Slate Grey, dan Peacock Blue dan Coral Crush.


youtube image

Paling Ringan di Kelasnya
Model yang ringkas dan ringan hanya berbobot 1,5 kg menjadi topik utama laptop yang berukuran 14", dengan ketebalan kurang dari 1" ini, sehingga bisa masuk ke dalam tas bu guru yang mungil dan ringan dibawanya. Laptop ini akan selalu setia menemaninya memberikan pelajaran kepada anak didik tercinta. Walupun kecil dan ringan tetapi tidak mengurangi kemampuan komputasi yang diharapkan oleh guru.

Kembali ke Laptop..... 
Selain memberikan pembelajaran yang kreatif dan imajinatif, seorang guru harus menyiapkan Perangkat Pembelajaran Lengkap, mulai dari RPP, PROTA, PROMES, SILABUS dan masih banyak lagi. Semua perangkat pembelajarn itu dibuat secara digital menggunakan Laptop. Kemudian di print dan dipergunakan sebagai acuan untuk memberikan pelajaran.
Ketika mengedit Perangkat Pembelajaran saya pernah mengalami error, tiba-tiba microsoft office wordnya bermasalah, dan sistem operasi windowsnya tiba-tiba hang. Setelah diteliti ternyata kedua software tersebut adalah bajakan. Aduh.... jadi kacau kalau begini. RPP sudah mau di print belum disimpan, tiba-tiba laptopnya bermasalah.
Dengan Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA ini kejadian diatas tidak akan terulangi lagi karena didalamnya sudah diinstal Windows 10 yang asli bukan bajakan. Dengan Laptop berjuluk “The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook” ini proses edit RPP menjadi lancar dan semakin semangat.


youtube image

Itulah pengalaman seorang guru millenial yang harus berjuang untuk mengantarkan anak didiknya menjadi generasi penerus bangsa menghadapi segala rintangan yang tidak ringan. Dengan Laptop Paling Ringan ASUS VivoBook Ultra A412DA tugas guru menjadi semakin ringan.

Tags: #ColorfulWithVivoBook, #ASUS, #AsusId #AsusVivobook, #AsusVivobookA412DA, #AsusVivobookUltraA412, #SpesifikasiAsusVivoBookUltraA412DA

Berikut ini adalah sfesifikasi
ASUS VivoBook Ultra A412DA:     
ASUS Vivobook Ultra A412DA
Layar 4.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) 60Hz Anti-Glare Panel
Processor AMD Ryzen™ 5 3500U 4 Core 8 Thread Clockspeed hingga 3.7 Ghz
Grafis Radeon™ Vega 8 Graphics
RAM 4 GB DDR4 2400MHz, Tersedia 1x Slot Upgrade Kapasitas Total 12 GB
Storage SSD M.2 256 GB.
Konektivitas Combo BT 4.2 + Wi-Fi AC (2×2)
Webcam HD 720p
I/O 1 x COMBO audio jack 1 x Type-A USB2.0 1 x Type-A USB 3.1 (Gen 1) 1 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1 / Gen 2) 1 x HDMI
Baterai 2 Cell 37 Whr
OS Windows 10
Fitur Unggulan Illuminated chiclet keyboard (optional), Fingerprint, Windows Hello, Fast Charging, Asus SonicMaster.
Dimensi dan Berat 322 x 212 x 19.9 mm (PxLxT) 1.5 Kg Termasuk Baterai
By:
Photo
Saya seorang blogger muslim.
Info Internet Review
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.


Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin Online

Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.