Skip to main content

Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 7 Lengkap dengan Artinya

tajwid surat al baqarah ayat 7
tajwid surat al baqarah ayat 7

Tahsin.id membagikan hukum tajwid surat Al Baqarah ayat 7 lengkap dengan artinya. 

خَتَمَ اللَّهُ عَلٰى قُلُوبِهِمْ وَعَلٰى سَمْعِهِمْ ۖ وَعَلٰىٓ أَبْصٰرِهِمْ غِشٰوَةٌ ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Artinya: "Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka, penglihatan mereka telah tertutup, dan mereka akan mendapat azab yang berat."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 7)

Tajwid surat Al Baqarah ayat 7



خَتَمَ اللَّهُ
Hukum tajwid pada kata diatas namanya adalah Tafkhim (tebal). Hukum tajwid ini terjadi apabila lafazh Allah didahului oleh harakat fathah atau dlommah. Di dalam ilmu tajwid tafkhim ini masuk ke dalam Hukum Lam Jalalah.

عَلٰى قُلُوبِهِمْ
Perhatikan kalimat diatas, disitu ada 1 hukum tajwid, yaitu Mad Thobi'i atau Mad Ashli. Mad Thobi'i yang pertama adalah karena adanya Fathah berdiri, yang kedua adalah adanya huruf Wawu disukun oleh dlommah. Cara membaca Mad Thobi'i adalah bacaannya dipanjangkan 1 alif atau 2 harakat.

بِهِمْ وَ
Hukum tajwid pada kata diatas namanya adalah Idz-har Syafawi. Hukum ini dalam ilmu tajwid masuk ke dalam Hukum Mim Mati.
Idz-har Syafawi terjadi apabila ada huruf Mim mati (sukun) menghadapi huruf selain Mim dan Ba. Cara membaca Idz-har Syafawi, huruf Mim nya harus dibaca jelas dalam artian tidak boleh dengung.

وَعَلٰى سَمْعِهِمْ ۖ
Hukum tajwid pada kata diatas adalah Mad Ashli.

وَعَلٰىٓ أَ
Nama hukum tajwid pada kata diatas adalah Mad Jaiz Munfashil. Mad ini terjadi apabila ada Mad Thobi'i menghadapi huruf Alif pada kata yang lain. Cara membaca hukum Mad Jaiz Munfashil ini yaitu bacaannya dipanjangkan 2, 4 atau 5 harakat.

أَبْ
Hukum Tajwid pada kata diatas adalah Qolqolah Sughro, silahkan baca Hukum Qolqolah untuk mengetahui penjelasan lengkapnya.

صٰرِهِمْ
Hukum tajwid pada kata diatas adalah Mad Ashli.

هِمْ غِ
Hukum tajwid diatas namanya adalah Idz-har Syafawi.

غِشٰوَةٌ ۖ
Hukum Tajwid diatas namanya adalah Mad Ashli.

وَلَهُمْ عَ
Pada kata diatas nama hukum tajwidnya adalah Idz-har Syafawi.

عَذَابٌ
Hukum tajwid diatas adalah Mad Thobi'i.

بٌ عَ
Nah ini nama hukumnya adalah Idz-har Halqi, untuk penjelasan lengkapnya silahkan baca Hukum Nun Mati atau Tanwin.

عَظِيمٌ
Hukum Tajwid terakhir dari surat Al Baqarah ayat 7 ini adalah Mad 'Aridl Lissukun. Mad ini terjadi apabila ada Mad Thobi'i menghadapi huruf hidup di depannya selain dari huruf mad, kemudian bacaannya dihentikan atau waqof. Mad 'Aridl Lissukun ini biasanya terjadi pada setiap akhir ayat.
Cara membaca mad ini adalah bacaannya dipanjangkan bisa 2, 4 atau 6 harakat.


youtube image


Demikianlah sahabat Tahsin Online, penjelasan singkat mengenai Hukum Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 7 Lengkap dengan Artinya.
Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Tahsin.id - Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin.id

Tambahkan aplikasi Tahsin.id di smartphone tanpa install, buka Tahsin.id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin.id dari layar utama smartphone Anda.