Skip to main content

Tajwid Surat Al Baqarah ayat 6 Lengkap dengan Artinya

Al Baqarah ayat 6. Assalaamu'alaikum... Berjumpa kembali dengan blog yang membahas pelajaran ilmu tajwid per kata.

Pada artikel ini kami akan menguraikan hukum tajwid surat Al Baqarah ayat 6 lengkap dengan artinya.

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا سَوَآءٌ عَلَيْهِمْ ءَأَنْذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

Artinya:
"Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, engkau (Muhammad) beri peringatan atau tidak engkau beri peringatan, mereka tidak akan beriman."(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 6)

Baik mari kita uraikan hukum tajwid surat Al Baqarah ayat 6 ini menurut suku katanya.


إِنَّ

Perhatikan kata diatas, nama hukum tajwidnya adalah Ghunnah atau wajibul ghunnah. Hukum ini terjadi apabila ada huruf Nun atau Mim yang di tasydid.
Cara membacanya adalah dengan didengungkan kira-kira 3 harakat.

الَّذِينَ

Hukum tajwid pada kata diatas namanya adalah Mad Thobi'i. Panjangnya adalah 2 harakat atau 1 alif.


كَفَرُوا

Hukum tajwid diatas juga namanya adalah Mad Thobi'i, tetapi disini ada huruf wawu di dlommah.

سَوَآءٌ

Hukum tajwid pada kata diatas mad juga, ini namanya mad wajib muttashil. Mad ini terjadi apabila ada mad thobi'i menghadapi huruf hamzah pada 1 kata. Mad wajib muttashil dibaca dengan panjang 5 harakat atau 2 alif setengah.

ءٌ عَ

Hukum tajwid diatas adalah Idz-har Halqi. Hukum ini terjadi apabila ada nun mati atau tanwin menghadapi huruf halaq, disini huruf halaqnya adalah 'Ain. Cara membaca Idz-har halqi bunyi huruf Nun nya harus jelas, tidak boleh dengung.

عَلَيْهِمْ

Pada kata diatas nama hukum tajwidnya adalah Huruf Lin. Huruf Lin terjadi apabila ada huruf Wawu atau Ya yang disukun oleh huruf sebelumnya yang berharakat fathah.


هِمْ ءَ

Hukum tajwid pada kata diatas namanya adalah Idz-har Syafawi. Idz-har Syafawi terjadi apabila ada Mim mati menghadapi huruf selain Mim dan Ba. Cara membaca huku Idz-har Syafawi, huruf Mim nya harus jelas atau tidak boleh dengung.

أَنْذَرْ

Hukum tajwid pada kata diatas adalah Ikhfa'. Hukum Ikhfa' termasuk ke dalam Hukum Tajwid Nun Mati atau Tanwin. Untu penjelasan dan huruf-huruf Ikhfa' ini bisa anda baca pada artikel Hukum Nun Mati atau Tanwin. Cara membaca hukum Ikhfa adalah dengan disamarkan bunyi huruf Nun nya.

تَهُمْ أَ

Hukum tajwid pada kata diatas adalah Idz-har Syafawi.

أَمْ لَمْ

Ini juga namanya Idz-har Syafawi.

لَمْ تُ

Kata diatas juga hukum tajwidnya adalah Idz-har Syafawi.

تُنْذِرْ

Hukum tajwid pada kata diatas adalah Ikhfa.

هُمْ لَ

Hukum tajwid pada kata diatas adalah Idz-har Syafawi. Hukum ini termasuk ke dalam Hukum Mim Mati.

لَا

Kata diatas nama hukum tajwidnya adalah Mad Thobi'i.

يُؤْمِنُونَ

Pada kata diatas nama hukum tajwidnya adalah Mad 'Aridl lissukun bila waqof atau bacaannya dihentikan. Biasanya terdapat pada akhir ayat. Hukum ini terjadi apabila ada Mad Thobi'i menghadapi huruf hidup selain huruf Mad, kemudian bacaannya dihentikan.
Cara membaca Mad 'Aridl Lissukun adalah dengan dipanjangkan bisa 2, 4 atau 6 harakat.

Demikianlah sahabat Tahsin Online penjelasan singkat mengenai Hukum Tajwid Surat Al Baqarah ayat 6 Lengkap dengan artinya. Semoga bermanfaat. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.


Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin Online

Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.