Skip to main content

Tajwid Surat At Thariq ayat 1-5


Tahsin Online menjelaskan hukum tajwid surat-surat pendek.
Pada kesempatan kali ini akan menjelaskan hukum tajwid surat At Thariq dari ayat 1-5.


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَالسَّمَاۤءِ وَالطَّارِقِ (١)

وَالسَّ

Ini namanya alif lam syamsiyah, tandanya ada huruf alif lam dan tanda tasydid. Ketika dibaca huruf alif lam nya tidak tampak, tetapi dimasukkan ke dalam huruf yang ada di depannya yaitu huruf Sin.
مَاۤءِ

Ini adalah Mad Wajib Muttashil, karena ada Mad Ashli menghadapi huruf Hamzah yang berada dalam 1 kata. Panjangnya adalah 5 harakat.

وَالطَّ


Ini namanya alif lam syamsiyah, tandanya ada huruf alif lam dan tanda tasydid. Ketika dibaca huruf alif lam nya tidak tampak, tetapi dimasukkan ke dalam huruf yang ada di depannya yaitu huruf Tha.

طَّا

Ini adalah Mad Thobi’i. Karena ada huruf Alif di fathah, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.


رِقِ


Ini adalah Qolqolah Kubro bila waqof atau berhenti, karena ada huruf Qolqolah yaitu Qof yang sukun karena diwaqofkan. Ketika dibaca bunyi pantulannya lebih kuat atau besar dibandingkan dengan Qolqolah Sughro.


وَمَاۤ أَدْرَاكَ مَا الطَّارِقُ (٢)

وَمَاۤ أَ

Ini dinamakan Mad Jaiz Munfashil, karena ada mad Thobi’i menghadapi huruf Alif pada kata yang lain. Dibaca dengan panjang bisa 2, 4 atau 6 harakat.


أَدْ
Nah, kalau yang ini dinamakan Qolqolah Sughro, karena ada huruf Qolqolah nya yaitu huruf Dal yang sukun nya asli, sekarang kita bisa membedakan antara Qolqolah Sughro dengan Qolqolah Kubro.

رَاكَ



Ini adalah Mad Thobi’i. Karena ada huruf Alif di fathah, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.

مَا الطَّ

Ini namanya Alif Lam Syamsiyah, tandanya ada huruf alif lam dan tanda tasydid. Ketika dibaca huruf alif lam nya tidak tampak, tetapi dimasukkan ke dalam huruf yang ada di depannya yaitu huruf Tha. Disini perlu diperhatikan huruf Alif di depan huruf Mim, tidak dibaca panjang tetapi ikut dimasukkan ke dalam huruf Tha.


طَّا




Ini adalah Mad Thobi’i. Karena ada huruf Alif di fathah, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.

رِقُ





Ini adalah Qolqolah Kubro bila waqof atau berhenti, karena ada huruf Qolqolah yaitu Qof yang sukun karena diwaqofkan. Ketika dibaca bunyi pantulannya lebih kuat atau besar dibandingkan dengan Qolqolah Sughro.




اَلنَّجْمُ الثَّاقِبُ (٣)



اَلنَّ




Pada kata diatas terdapat 2 hukum, yaitu Alif Lam Syamsiyah dan Ghunnah atau Wajibul Ghunnah. Seperti sudah diterangkan diatas Alif Lam Syamsiyah dapat dilihat dengan adanya Alif Lam dan tanda Tasydid. Sedangkan Ghunnah, karena ada huruf Nun yang di tasydid. Ketika dibaca harus didengungkan kira-kira 2-3 harakat, jadi membacanya jangan terburu-buru.

نَجْمُ





Ini dinamakan Qolqolah Sughro, karena ada huruf Qolqolah nya yaitu huruf Jim yang sukun nya asli.


مُ الثَّ




Ini namanya Alif Lam Syamsiyah, tandanya ada huruf alif lam dan tanda tasydid. Ketika dibaca huruf alif lam nya tidak tampak, tetapi dimasukkan ke dalam huruf yang ada di depannya yaitu huruf Tsa.


ثَّا




Ini adalah Mad Thobi’i. Karena ada huruf Alif di fathah, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.

قِبُ



Ini adalah Qolqolah Kubro bila waqof atau berhenti, karena ada huruf Qolqolah yaitu Ba yang sukun karena diwaqofkan. Ketika dibaca bunyi pantulannya lebih kuat atau besar dibandingkan dengan Qolqolah Sughro. Pad surat At Thariq dijelaskan hukum qolqolah.



إِنْ كُلُّ نَفْسٍ لَّمَّا عَلَيْهَا حَافِظٌ (٤)


إِنْ كُلُّ


Pada kata diatas terdapat 1 hukum saja, yaitu Ikhfa’ atau samar karena ada Nun mati menghadapi huruf Kaf. Ketika dibaca bunyinya seperti bunyi “ng”.


نَفْسٍ لَّ



Ini adalah Idghom Bila Ghunnah atau Idghom tanpa dengung, karena ada tanwin menghadapi huruf Lam.


لَمَّا





Pada kata diatas terdapat 2 hukum, yaitu Ghunnah dan Mad Thobi’i. Ghunnah karena ada huruf Mim yang di tasydid, dibaca dengan didengungkan kira-kira 2-3 harakat. Sedangkan Mad Thobi’i karena ada huruf Alif di fathah, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.


عَلَيْ



Ini dinamakan Huruf Lin atau Haraf Lin, karena ada huruf Ya yang di sukun oleh huruf sebelumnya yang berharakat fathah.


هَا حَافِظٌ



Pada kata diatas terdapat 1 hukum saja, yaitu Mad Thobi’i, karena ada huruf Alif berharakat fathah. Panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.





فَلْيَنْظُرِ الْإِنْسَانُ مِمَّ خُلِقَ (٥)



فَلْيَنْظُ



Disini ada 1 hukum saja yaitu Ikhfa’ atau samar, karena ada huruf Nun menghadapi huruf Zho.


رِ الْإِ





Ini adalah Alif Lam Qomariyah, karena ada Alif Lam dan tanda sukun.


إِنْسَ



Ini adalah Ikhfa’ karena ada huruf Nun menghadapi huruf Sin.


سَانُ



Ini adalah Mad Thobi’i, karena ada huruf Alif di fathah.


مِمَّ



Ini disebut Ghunnah atau Wajibul Ghunnah, karena ada huruf Mim di tasydid, membacanya harus didengungkan kira-kira 2-3 harakat. Dalam membaca hukum Ghunnah harus konsisten atau tetap bunyi dengungnya.


خُلِقَ



Ini adalah Qolqolah Kubro bila waqof atau berhenti, karena ada huruf Qolqolah yaitu Qof yang sukun karena diwaqofkan. Ketika dibaca bunyi pantulannya lebih kuat atau besar dibandingkan dengan Qolqolah Sughro. Bila membacanya di washal atau disambung ke ayat berikutnya tidak terjadi hukum Qolqolah.

Demikianlah Hukum tajwid surat At Thariq ayat 1-5, semoga bermanfaat.

Wassalam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.


Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin Online

Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.