Skip to main content

Belajar Makhroj Huruf Al Jauf


Tahsin Online membagikan Pelajaran Ilmu Tajwid.

Pada artikel ini akan dibagikan penjelasan singkat mengenai Makhroj Al Jauf.

Al Jauf artinya rongga tenggorokan dan mulut. Dari rongga tenggorokan dan mulut ini keluar 1 Makhroj yang dinamakan dengan Al Jauf.
Dari Al Jauf ini keluar 3 huruf Mad, yaitu Alif, Wawu, dan Ya yang bersukun.
Dalam memahami 3 huruf Mad yang keluar dari Makhroj Al Jauf ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

Cara membunyikan Alif tidak sama dengan cara membunyikan Hamzah. Hamzah keluar dari Makhroj Al Halaq dan tersifati Syiddah, sedangkan Alif tersifati oleh Rikhwa (lawannya). Alif yang keluar dari Al Jauf adalah huruf Mad dalam keadaan mati, dan huruf sebelumnya berharakat Fathah. Cara membacanya dipanjangkan 2 harakat karena menjadi Mad Ashli. Suara panjang tersebut keluar dari rongga tenggorokan dan mulut (Al Jauf).

Bunyi huruf Wawu yang bersukun atau dalam keadaan mati tidak sama dengan bunyi huruf Wawu yang keluar dari bibir (Asy Syafatain) yang dalam keadaan hidup atau berharakat. Bunyi wawu dalam Makhroj Al Jauf adalah Wawu yang disukun atau mati dan huruf sebelumnya berharakat Dlommah. Cara membacanya dipanjangkan 2 harakat karena menjadi Mad Ashli. Suara panjang tersebut keluar dari rongga tengorokan dan mulut (Al Jauf).

Bunyi huruf Ya yang bersukun tidak sama dengan huruf Ya yang keluar dari tengah lidah (Wastul Lisan), yang dalam keadaan hidup atau berharakat. Bunyi Ya dalam Makhroj Al Jauf adalah Ya yang disukun atau mati dan huruf sebelumnya berharakat Kasroh. Cara membacanya dibacakan 2 harakat karena menjadi Mad Ashli. Suara panjang tersebut keluar dari rongga tenggorokan dab mulut (Al Jauf).

Demikianlah penjelasan Tahsin Online mengenai perincian Makhroj Huruf Al Jauf, semoga bermanfaat.
Wassalam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.


Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin Online

Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.