Skip to main content

Cara membaca huruf Ro

www.hni.id/00914098
Alhamdulillah, ikhwah kita berjumpa lagi di blog Tahsin Online, semoga keberkahan senantiasa mengiringi setiap gerak dan langkah kita.

Pada artikel ini kita akan membahas cara  membaca huruf Ro

Huruf " Ro" dibaca tebal/tafkhim

Huruf  ر   dibaca tafkhim/tebal, karena dia difatah, huruf “Ro” dibaca tafkhim/tebal apabila dia berharakat fatah atau dlommah baik ketika waqof maupu washol, juga ketika huruf “Ro” dalamkeadan mati (asli) dan huruf sebelumnya berharakat fatah atau dlommah contoh:

  رَبَّنَا  لَا تَصْبِرُوْا  وَسَعِيْرًا 

Apabila huruf “Ro” mati karena dibaca waqof (sukun aridli) dan huruf sebelumnya berharakat fatah atau dlommah contoh:

 يَرْزُقُ  وَالْفُرْقَانُ 

Apabila huruf “Ro” mati karena dibaca waqof dan huruf sebelumnya berharakat fatah atau dlommah contoh:

 وَالْقَمَرُ  لِلْبَشَرَ
  
Apabila huruf “Ro” mati karena dibaca waqof dan huruf sebelumnya berharakat fatah atau dlommah dan diantara huruf “Ro” mati dan huruf berharakat tersebut ada huruf mad “Alif atau Wawu” contoh:

 اَلْاَنْهَارُ  وَالطُّوْرِ

  
Apabila huruf “Ro” mati didahului oleh huruf yang berharakat “Kasroh Aridli (kasroh tambahan dan bukan kasroh asli)” contoh:
 اِرْتَضٰى 
  
Apabila huruf “Ro” mati dalam kalimat dan didahului oleh huruf yang berharakat kasroh asli dan sesudahnya menghadapi huruf isti’la yang berharakat selain kasroh contoh:

   مِرْصَادًا   فِرْقَةٍ 

Apabila huruf “Ro” karena dibaca waqof dan huruf sebelumnya berharakat fatah atau dlommah. Kemudian dianta huruf “Ro” mati dan huruf yang berharakat itu ada huruf mati contoh:


 وَالْعَصْرِ   وَالْفَجْرِ   خُضْرٌ
 


Huruf "Ro" dibaca tipis/tarqiq

Huruf “Ro” dibaca tipis/tarqiq, karena huruf “Ro” nya mati dan huruf sebelumnya berharakat kasroh. Huruf “Ro” dibaca tarqiq/tipis apabila berharakat kasroh contoh:

 رِزْقًا   مَريْضًا 

Apabila huruf “Ro” mati karena waqof sedangkan sebelum “Ro” ada huruf “Ya” yang mati, dan sebelum huruf “Ya” mati itu ada huruf yang berharakat fatah atau kasroh contoh:

 حَرِيْرٌ   كَبِيْرُ

Apabila huruf “Ro” mati dan huruf sebelumnya berharakat kasroh asli dan huruf sesudahnya bukan huruf isti’la contoh:

 فَبَشِّرْهُمْ   فِرْعَوْنَ مِرْفَقًا

Demikianlah uraian Tahsin Online mengenai cara  membaca huruf Ro, semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.


Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Tahsin Online

Tambahkan aplikasi Tahsin Online di smartphone tanpa install, buka Tahsin Online dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Tahsin Online dari layar utama smartphone Anda.